Nggak Sadar Sering Dikonsumsi, Makanan Ini Bikin Risiko Penyumbatan Darah Semakin Besar

Makanan sehat (Istimewa)
Makanan sehat (Istimewa

DepokTodayKolesterol tinggi adalah kondisi umum yang bisa meningkatkan risiko beberapa komplikasi kesehatan. Jika tak diatasi dengan serius, kolesterol bisa sangat mematikan karena dapat memicu penyakit jantung. Ternyata salah satu penyebab utama kolesterol adalah dari asupan makanan.

Namun, mungkin banyak yang belum sadar bahwa beberapa makanan yang dikonsumsi sehari-hari ternyata tinggi kolesterol yang bisa menyebabkan penyumbatan darah.

Kolesterol tinggi merupakan kondisi di mana tubuh memiliki terlalu banyak zat lemak, yang dikenal sebagai kolesterol dalam darah Anda. Memiliki terlalu banyak kolesterol dapat menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah Anda, yang dapat mengganggu aliran darah.

Kolesterol hanya ditemukan dalam makanan yang berasal dari hewan, menurut badan amal Heart UK.

Dilansir dari laman Express  hidangan yang juga mengandung lemak jenuh dapat menyebabkan ketidakseimbangan kolesterol dalam darah Anda. Makanan ini termasuk makanan susu penuh lemak, lemak hewani, dan daging olahan.

Namun, ada beberapa makanan lain yang tinggi kolesterol, tetapi rendah lemak jenuh. Daging tanpa lemak, telur, dan jenis makanan laut tertentu semuanya tinggi kolesterol, tetapi rendah lemak jenuh.

Kurangi Makanan Hewani dengan Sayuran

Jika Anda khawatir dengan kadar kolesterol di tubuh, Anda dapat mencoba mengurangi jumlah hidangan yang berasal dari hewan dan menggantinya dengan makanan yang berasal dari tumbuhan. Tetapi Anda harus berbicara dengan dokter atau ahli gizi untuk saran tentang cara menghindari kolesterol tinggi.

Baca Juga: Alamak, Sudah 159 Pria Ajak Larissa Chou Nikah, Ini Syaratnya

“Kebanyakan orang tak perlu mengurangi kolesterol yang ditemukan dalam makanan. Jadi Anda tetap bisa menikmati telur dan kerang,” kata badan amal Heart UK.

Jauh lebih penting untuk mengurangi kudapan yang mengandung lemak jenuh. Itu karena lemak jenuh mempengaruhi cara hati menangani kolesterol.

Jadi, makan lemak jenuh dapat meningkatkan kolesterol darah Anda. Cobalah untuk mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh yang lebih baik untuk jantung. Untuk orang yang memiliki kolesterol tinggi atau berisiko tinggi dan memiliki penyakit kardiovaskular, Anda masih bisa makan beberapa jenis yang disebut di atas, tetapi Anda harus memperhatikan porsinya.

Selain itu, merokok dapat berkontribusi pada kadar kolesterol Anda serta meningkatkan peluang terkena kanker. Pasien kolesterol tinggi sangat jarang menunjukkan tanda-tanda peringatan, jadi penting untuk secara teratur memeriksa kadar kolesterol Anda. Bicaralah dengan dokter jika Anda khawatir dengan kadar kolesterol tubuh. (lala/*)