Nggak Lagi Deh, Ini 5 Risiko Kesehatan karena Mengonsumsi Makanan Dingin

Ilustrasi makanan bergizi (Istimewa)
Ilustrasi makanan bergizi (Istimewa)

DepokToday – Tidak hanya cuaca yang dingin bisa mempengaruhi kesehatan tubuh. Makanan dingin yang dikonsumsi ternyata juga sangat berpengaruh kepada kesehatan.

Ya, makanan atau minuman yang dingin memang banyak dipilih saat ini. Melansir dari Suara.com, makanan ini biasa ditemukan di dalam kulkas.

Jika menjadi kebiasaan, maka Anda akan menyebabkan beberapa komplikasi dan masalah penyakit.

Usus bermasalah

Menurut Traditional Chinese Medicine, mengonsumsi makanan ini dapat menyebabkan masalah pada usus. Mulai dari kembung, bengkak, dan juga kram. Masalah ini terjadi pada wanita jika dikonsumsi secara berlebihan. Bahkan, dampaknya bisa mengalami komplikasi lain. Seperti sensitivitas pencernaan, kelelahan, dan infeksi sinus.

Menurunkan suhu tubuh

Mengonsumsi makanan ini dikatakan dapat menurunkan suhu tubuh. Karena dinginnya tubuh, ini akan mengganggu aliran dan sirkulasi cairan tubuh. Selain itu, masalah lain pun juga terjadi pada statis darah, di mana darah tidak dapat bekerja dengan optimal.

Baca Juga: Orang Tua Harus Waspada, Ternyata Media Sosial Bisa Buat Anak Depresi

Berdampak pada tenggorokan

Menurut Kepala Dietetics Fortis Escorts Heart Institute, New Delhi, Daljit Kaur, mengonsumsi makanan dingin dapat berdampak negatif bagi tenggorokan, sehingga ini menyebabkan infeksi tenggorokan.

“Oleh karena itu, makanan dan minuman ini seperti kopi dan jus, tidak boleh dimasukkan dalam daftar diet musim dingin Anda,” ungkapnya.

Ia menyarankan, sangat perlu mengonsumsi makanan dan minuman hangat. Mulai dari susu panas, sup, kacang-kacangan, hingga rempah-rempah.

Rentan mengalami pilek dan batuk

Meski pilek dan batuk dikatakan tidak separah flu, tapi ini dapat mengganggu aktivitas Anda. Ditambah jika Anda mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa menyebabkan hidung tersumbat, sakit tenggorokan, hingga pilek. Selama musim dingin, disarankan untuk menghindar sementara dari makanan tidak hangat.

Berpengaruh negatif pada sistem kekebalan

Mengonsumsi makanan dengan kondisi tidak hangat dapat memberi rasa berat pada tubuh. Dan ini akan sulit mencerna apa yang Anda makan, juga berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh Anda. Bagi wanita, sangat penting untuk menghindari sementara dari makanan dingin. Dan berikan makanan atau minuman hangat yang bisa meningkatkan sistem kekebalan Anda. (lala/*)