Nggak Banyak yang Tau, Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat, Bikin Kaget

Foto Marshaller. (isitimewa)
Foto Marshaller. (isitimewa)

DEPOK – Tidak banyak yang tau pentingnya tugas marshaller atau orang yang biasa membantu pilot dalam parkir pesawat. Kehadiran mereka sangat dibutuhkan untuk memandu pilot memarkir pesawat ke lokasi parkir yang tepat.

Karena tugas yang penting serta sejumlah resiko yang bisa mereka terima ketika bekerja. Gaji mereka juga diberikan dengan angka yang lumayan tinggi.

Seperti dilansir dari Hops.id, marshaller atau tukang parkir pesawat memiliki peran penting bagi pilot saat sedang berada di tempat memarkir atau apron. Juru parkir pesawat ini wajib memastikan jalur area pesawat terbebas dari segala benda ataupun orang asing. Marshaller dan pilot akan berkomunikasi melalui isyarat gerakan badan.

Baca juga: Nostalgia Era 90-an, Tamagochi Hadirkan Fitur Canggih Tahun Ini

Selain itu, untuk kesalamatan para marshaller ini, mereka harus memakai alat khusus. Seperti penutup kuping untuk meredam bunyi bising dari pesawat, jaket bewarna neon, sepatu dengan ujung besi, bet, lampu, dan tongkat LED untuk membantunya memberi petunjuk kepada pilot.

Bahkan, para marshaller ini juga memiliki waktu kerja yang lebih banyak dari pekerjaan lain. Pada umumnya, jam kerja marshaller dari pukul 06.00 – 19.00 dan 18.00 – 07.00. Dalam sehari, mereka juga bisa memarkirkan pesawat sebanyak lima kali.

Gaji Marshaller

Di negara maju, pendapatan marshaller bisa mencapai Rp500 juta hinga Rp 1 miliar per tahunnya. Jumlah gaji ini berbeda pada setiap maskapai penerbangan.

Sedangan tukang parkir pesawat di Indonesia, memiliki gaji berkisar Rp 4 – 6 juta per bulan. Info tersebut disampaikan oleh Arif Husni yang sudah bekerja sebagai marshaller Gapura Angkasa selama 10 tahun.

Gaji mereka belum ditambah tunjangan-tunjangan keahlian, pengalaman dan lamanya bekerja atau kenaikan gaji berkala, dan beberapa tunjangan lainnya.

Angka tersebut juga bukan angka pasti, karena tergantung dengan maskapai yang mempekerjakan. Bahkan marshaller yang sudah berpengalaman bisa meraup pendapatan ratusan juta per tahunnya. (lala/*)