Nekat Parkir Liar di Margonda, Ini Resikonya  

Petugas gabungan melakukan razia parkir liar di kawasan Jalan Margonda (Istimewa)

MARGONDA- Tim gabungan Polres Metro Depok bersama Dinas Perhubungan (Dishub) menggelar razia parkir liar di kawasan Jalan Margonda pada Rabu pagi, 31 Maret 2021.

Lokasi yang jadi sasaran di antaranya depan Bank BRI, Bank BJB, depan Apartemen Zam-zam, dan sekitar area Halte Balai Kota dekat Jembatan Penyeberangan Orang atau JPO.

Baca Juga:  Polres Metro Depok Tetapkan Status Siaga Usai Bom Makassar   

Kanit Keamanan Keselamatan (Kamsel) Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok, Ajun Komisaris Polisi Elly Padiansari menuturkan, operasi penertiban kendaraan yang parkir di bahu jalan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman pada masyarakat, khususnya di wilayah Margonda.

Petugas berjanji, akan menindak tegas para pelanggar tanpa tebang pilih.

“Tanpa terkecuali baik masyarakat atau anggota yang masih parkir sembarangan yang jelas-jelas ada rambu larangan parkir akan kita tindak tegas. Kita ikut sertakan anggota Propam jika ada kendaraan anggota yang melanggar akan diberikan sanksi,” kata Elly

Selain sanksi denda, jika ditemukan kendaraan yang masih nekat memarkir di sembarang tempat akan ditindak dengan sistem gembok hingga kempis ban. “Ini untuk efek jera,” jelasnya.

Elly mengaku, pihaknya sudah seringkali melakukan sosialisasi terkait larangan parkir di sembarang tempat. Selain itu, petugas juga telah memasang rambu-rambu larangan parkir atau berhenti pada tempat-tempat tertentu.

“Ini sudah sering kami lakukan dan mohon agar diikuti,” katanya.

Petugas menindak kendaraan yang nekat parkir di bahu Jalan Margonda (Istimewa)

Sementara itu, Kepala Bidang Bimbingan Keselamatan dan Ketertiban (Kabid Binkestib) Dishub Kota Depok, Agus Timin, dalam operasi penertiban parkiran liar sepanjang pinggir Jalan Margonda diturunkan 20 personil.

“Anggota kita gabung dengan jajaran Polres Metro Depok untuk menyisir parkiran liar pinggiran Jalan Margonda depan BJB yang sudah sangat menggangu pengendara lain melintas,” katanya.

Saksi terhadap kendaraan yang melanggar, lanjut Timin, mulai dari penderekan, pengembokan, hingga pengempesan ban.

“Bagi mobil yang kita gembok hari ini akan berkoordinasi dengan petugas Lantas Polres Metro Depok karena sesuai Perda dan Perwal yang ada jelas akan kena sanksi,” katanya. (rul/*)