Cak Imin Usul Jabatan Gubernur Dihapus, Begini Respons Presiden Jokowi

- Kamis, 2 Februari 2023 | 12:57 WIB
Presiden Jokowi bersama Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (Setkab.go.id)
Presiden Jokowi bersama Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. (Setkab.go.id)

Depoktoday.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) merespons usulan peghapusan pemilihan calon gubernur dan jabatan gubernur. Diketahui usulan ini datang dari Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Jokowi menegaskan, untuk mengubah suatu kebijakan harus melalui kajian yang mendalam dan perhitungan serta kalkulasi yang jelas.

“Semua memerlukan kajian yang mendalam. Jangan kita, kalau usulan itu, ini negara demokrasi boleh-boleh saja tapi perlu semuanya kajian, perlu perhitungan, perlu kalkulasi,” kata Jokowi dikutip Depoktoday.com dari laman resmi Sekretariat Kabinet pada Kamis, 2 Februari 2023.

Baca Juga: Media Malaysia Sebut Ronaldo Kwateh Diminati Klub Turki

Presiden juga menyebut beberapa hal yang perlu diperhitungkan dan menjadi kajian untuk menghapus jabatan gubernur. Mulai dari tingkat efisiensi hingga rentang kontrol apabila jabatan gubernur dihapuskan.

“Apakah bisa menjadi lebih efisien? Atau nanti rentang kontrolnya terlalu jauh dari pusat langsung ke misalnya bupati, wali kota terlalu jauh? Spend of control-nya yang harus dihitung semua,” ucap Presiden.

Sebelumnya, Muhaimin Iskandar membuat pernyataan kontroversial. Pasalnya, dia mengusulkan pemilihan langsung gubernur dan jabatan gubernur dihapus.

Bahkan menurut Cak Imin, jabatan gubernur memungkinkan dihapus karena tidak terlalu berfungsi dalam tatanan pemerintahan.

Baca Juga: Review Favehotel Depok, Tempat Menginap Nyaman dengan Harga Terjangkau

"Kalau perlu nanti gubernur pun enggak ada suatu hari karena tidak terlalu fungsional dalam jejaring pemerintahan," kata Cak Imin.

 

Editor: Khoirur Rozi

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X