Februari 2023, KAI Operasikan Kereta Panoramic di KA Argo Parahyangan dan KA Argo Wilis, Segini Tarifnya

- Minggu, 29 Januari 2023 | 20:37 WIB
Eksterior Kereta Panoramic. (Foto: KAI)
Eksterior Kereta Panoramic. (Foto: KAI)

DepokToday.com - PT Kereta Api Indonesia atau KAI berencana akan mengoperasikan kembali Kereta Panoramic pada akhir pekan di bulan Februari 2023 mendatang.

Kereta Panoramic rencananya bakal dirangkai dengan KA Argo Parahyangan rute Gambir-Bandung pp dan Argo Wilis jurusan Bandung-Surabaya Gubeng pp.

Untuk tarif Argo Parahyangan Panoramic yaitu Rp350.000 dan Argo Wilis Panoramic Rp1.120.000, dengan kapasitas kereta sebanyak 38 tempat duduk.

Tiketnya dapat dipesan di aplikasi KAI Access, web KAI, dan seluruh channel penjualan resmi tiket KAI lainnya.

Baca Juga: Rekap Hasil Copa del Rey: Real Madrid, Osasuna, dan Athletic Bilbao ke Semifinal

 

Sementara itu, untuk memastikan aspek keselamatan dari Kereta Panoramic, Kemenhub melalui Ditjen Perkeretaapian (DJKA) telah melakukan serangkaian pengujian baik statis maupun dinamis.

Pengujian yang dilakukan diantaranya yaitu pengujian dimensi, ruang batas sarana, berat, pengereman, keretakan, pembebanan, sirkulasi udara, temperatur, kebisingan, intensitas cahaya dan kebocoran. Berdasarkan pengujian yang dilakukan, dua unit Kereta Panoramic telah dinyatakan lulus pengujian.

Baca Juga: Tim yang Lolos dan Jadwal Perempat Final Coppa Italia 2022-2023

Kereta Panoramic diuji coba pada 24 Desember 2022, yang dirangkaikan pada perjalanan KA Taksaka Tambahan (Gambir-Yogyakarta pp). Selain memiliki jendela yang lebih besar, kereta ini juga memiliki sejumlah fasilitas lainnya seperti: kursi yang nyaman, toilet yang luas dan terdapat sensor otomatis, televisi, rak bagasi khusus, makanan, minuman, snack, dan selimut.

Dari masa percobaan operasi tersebut, PT KAI mendapat sejumlah masukan dari pelanggan terkait langkah peningkatan layanan KA tersebut sehingga akhirnya diberhentikan sementara pengoperasiannya.

Salah satu masukan dari pengguna yaitu pengurangan jumlah kursi penumpang di setiap gerbongnya dari sebelumnya 46 seat menjadi 38 seat, supaya semua penumpang bisa memiliki pengalaman sama dalam menikmati perjalanan.(***)

 

Editor: Tidar Aira

Sumber: dephub.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X