Masyarakat Sudah Bisa Vaksinasi COVID-19 Booster Kedua Mulai 24 Januari 2023

- Minggu, 22 Januari 2023 | 21:50 WIB
Ilustrasi booster vaksinasi gratis/ vaksin merah putih (Foto: DepokToday.com/Zahrul Darmawan)
Ilustrasi booster vaksinasi gratis/ vaksin merah putih (Foto: DepokToday.com/Zahrul Darmawan)

DepokToday.com - Sebagai upaya percepat vaksinasi dan meningkatkan proteksi dari COVID-19, masyarakat Indonesia kini sudah bisa mendapatkan vaksin booster kedua.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan (Kemkes) RI, Muhammad Syahril, mengatakan, untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19 booster kedua, masyarakat tidak perlu menunggu dapat tiket atau undangan.

"Dalam satu sampai dua minggu kedepan, masyarakat usia lebih dari 18 tahun sudah dapat vaksin booster kedua tanpa menunggu tiket atau undangan. Untuk pencatatan masih dilakukan manual sambil menunggu pcare dan peduli lindungi disiapkan," jelas Muhammad Syahril di Jakarta.

Ia menjelaskan, aturan ini tertuang dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/380/2023 Tentang Vaksinasi COVID-19 Dosis Booster Ke-2 Bagi kelompok Masyarakat Umum, yang ditetapkan oleh Dirjen Pencegahan dan Pengendalian penyakit Pada 20 Januari 2023.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Jadi Kapten Tim Riyadh ST XI, Tiket Pertandingan Lawan PSG Terjual Habis

Vaksinasi COVID-19 dosis booster kedua dapat diberikan kepada semua masyarakat umum (usia 18 tahun ke atas) mulai 24 Januari 2023.

Adapun jenis vaksin yang dapat digunakan adalah vaksin COVID-19 yang telah mendapat Persetujuan Penggunaan Dalam Kondisi Darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan memperhatikan vaksin yang ada.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Depok Jumat 20 Januari 2023, Sore Hari Hujan Petir

Pemberian vaksinasi COVID-19 dosis booster kedua diberikan dengan jarak waktu enam bulan sejak vaksinasi dosis booster pertama.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Kemkes.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Hampir Rampung

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:26 WIB
X