Airlangga Hartarto Calon Presiden 2024 dari Partai Golkar

- Minggu, 22 Januari 2023 | 12:02 WIB
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

DepokToday.com - Partai Golkar ternyata sudah menetapkan nama calon presiden (capres) yang bakal diusung di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

Hal ini diungkap langsung oleh Ketua Umum Partai Golkar, Airlanga Hartarto, saat menghadiri Rakornis dan Bimtek Pemenangan Pemilu di Hotel Labersa, Pekanbaru, Riau, Sabtu 21 Januari 2023.

“(Soal nama capres) Kalau Golkar, waktu Munas juga sudah resmi,” ungkap Airlangga Hartarto. 

Ia menjelaskan, Partai Golkar sudah resmi mengumumkan nama calon presiden untuk Pilpres 2024 pada acara Musyawarah Nasional (Munas) partai beberapa waktu lalu.

Dalam Munas 2019 itu, Partai Golkar sudah memutuskan untuk mengusung Airlangga Hartarto sebagai calon presiden 2024. Bahkan Keputusan munas ini diperkuat hasil keputusan rapat pimpinan nasional (Rapimnas) hingga rapat kerja nasional (Rakernas) yang digelar setelah Munas 2019.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Jadi Kapten Tim Riyadh ST XI, Tiket Pertandingan Lawan PSG Terjual Habis

Airlangga Hartarto menegaskan, untuk urusan capres dari Partai Golkar sudah final, karena Munas menjadi keputusan tertinggi partai berlambang pohon beringin.

Diakuinya, saat ini, Parai Golkar tengah memerjuangkan sistem pemilu yang tetap memberikan kedaulatan kepada rakyat, melalui proporsional terbuka.

Menurut dia, ada upaya dari sejumlah pihak untuk mengembalikan sistem pemilu dari tangan rakyat kepada pimpinan partai melalui sistem proporsional tertutup. Upaya ini dilakukan melalui gugatan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X