Jaringan XL Axiata Siap Hadapi Lonjakan Trafik di Kalimantan saat Perayaan Imlek dan Cap Gomeh

- Kamis, 19 Januari 2023 | 21:00 WIB
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan di seluruh Kalimantan siap menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan trafik selama masa liburan Tahun Baru Imlek dan Cap Gomeh. (Foto: XL Axiata)
PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan di seluruh Kalimantan siap menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan trafik selama masa liburan Tahun Baru Imlek dan Cap Gomeh. (Foto: XL Axiata)

DepokToday.com - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memastikan jaringan di seluruh Kalimantan siap menghadapi kemungkinan terjadinya lonjakan trafik selama masa liburan Tahun Baru Imlek dan Cap Gomeh.

XL Axiata memperkirakan akan terjadi lonjakan trafik data sekitar 19% dibanding hari normal.

Peningkatan trafik ini diprediksi akan terjadi di beberapa kota dengan konsentrasi perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh terbesar di Kalimantan, seperti Pontianak, Singkawang, Balikpapan, Samarinda, Tanjung Selor, Palangkaraya, Banjarbaru juga Kotabaru.

Plt Regional Group Head XL Axiata untuk Kalimantan, Horas Lubis, mengatakan, tahun lalu saat masih ada pandemi saja trafik ada kenaikan. Menurut dia, Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh, terutama di Singkawang, selalu mendapatkan sambutan meriah dari masyarakat Tionghoa.

"Ribuan orang akan datang ke Pontianak dan Singkawang untuk merayakan kedua hari besar tersebut. Untuk itulah kami akan menyiapkan jaringan yang memadai,” katanya, Kamis 19 Januari 2023.

Baca Juga: Berkunjung ke Rutan Depok, Kakanwil Kemenkumham Jawa Barat Tinjau Sarpras

Menurut Horas, meskipun kenaikan trafiknya tidak akan sebesar Lebaran atau Nataru dan juga lebih terkonsentrasi di beberapa kota saja, namun XL Axiata tetap menyiapkan kapasitas jaringan yang lebih besar.

Peningkatan trafik akan lebih banyak terjadi di layanan data, sementara trafik layanan percakapan (voice) diperkirakan stabil. Dari jenis layanan, trafik layanan streaming secara umum diprediksi mengalami peningkatan sekitar 11%.

Teknisi memeriksa jaringan XL di BTS wilayah Kalimantan. (Foto: XL Axiata)

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X