Enam Rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung Tiba Lagi di Indonesia

- Sabtu, 14 Januari 2023 | 13:00 WIB
Rangkaian KCJB telah tiba lagi di Indonesia. (Foto: Facebook Kereta Cepat Indonesia)
Rangkaian KCJB telah tiba lagi di Indonesia. (Foto: Facebook Kereta Cepat Indonesia)

DepokToday.com - Enam rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) telah tiba lagi di Indonesia. Empat diantaranya masih tahap mobilisasi dari Depo PLB Cakung, Jakarta Timur.

Dilansir dari media sosial Facebook Kereta Cepat Indonesia, Sabtu 14 Januari 2023, pengiriman rangkaian KCJB dari Cakung menuju Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung, dilakukan pada malam hari dan pada jam serta hari tertentu. Hal ini agar pengguna jalan lainnya tidak merasa terganggu.

Baca Juga: KAI Daop 2 Bandung Sebut Volume Pelanggan di Tahun 2022 Meningkat

Setelah satu per satu rangkaian lengkap tiba di Depo Tegalluar, selanjutnya akan dilakukan proses pemasangan rangkaian KCJB untuk menjadi satu kesatuan yang utuh. Kemudian, rangkaian KCJB bakal menjalani proses uji statis dan dinamis.

Untuk operasional proyek KCJB, dibutuhkan sebelas rangkaian kereta api cepat. Lalu satu rangkaian kereta itu terdiri dari delapan kereta, di mana seluruhnya telah selesai diproduksi yang akan tiba di Indonesia secara bertahap. 

Baca Juga: Berkunjung ke Rutan Depok, Kakanwil Kemenkumham Jawa Barat Tinjau Sarpras

"Buat kalian para Sobat #KeretaCepat, perkembangan proyek KCJB bukan hanya dari sisi konstruksi aja nih, tapi juga dapat dilihat dari sisi operasionalnya," tulis KCIC di akun Facebook Kereta Cepat Indonesia.

Salah satu rangkaian KCJB yang sudah terhubung dengan Listrik Aliran Atas (LAA).(Foto: Facebook Kereta Cepat Indonesia)
Salah satu rangkaian KCJB yang sudah terhubung dengan Listrik Aliran Atas (LAA).(Foto: Facebook Kereta Cepat Indonesia)

Sebagaimana pernah diwartakan Depoktoday.com sebelumnya, pengiriman rangkaian KCJB dari Tiongkok ke Indonesia terbagi menjadi empat tahap. Untuk tahap pertama sudah tiba awal September tahun ini.

Baca Juga: Piala AFF 2022: Dijamu Vietnam, Penggawa Timnas Indonesia Sudah Tiba di Hanoi

Rangkaian KCJB atau disebut juga Electric Multiple Unit (EMU) KCIC400AF sudah tiba di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, pada Kamis 1 September 2022.

Kemudian dilanjutkan dengan acara sambutan kedatangan rangkaian KCJB dan 1 unit Comprehensive Inspection Train (CIT) itu pada Jumat, 2 September 2022.

Baca Juga: Pengurus LKD Dikukuhkan, Tugasnya Dimulai dengan Mendata Objek Kebudayaan di Depok

Tahap kedua diperkirakan pengiriman 3 Trainset EMU yang tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada 25 Desember 2022. Tahap ketiga diperkirakan pengiriman 3 Trainset EMU mendarat di Pelabuhan Tanjung Priok pada 25 Februari 2023.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: KCIC

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X