DepokToday.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat puncak libur Natal 2022 menggunakan Kereta Api Jarak Jauh terjadi pada H-2 Libur Natal atau Jumat 23 Desember 2022.
Pada tanggal tersebut terdapat 154.920 orang yang berangkat menggunakan KA Jarak Jauh dari berbagai tujuan untuk berlibur atau pun pulang ke kampung halaman.
Jumlah pelanggan tersebut okupansinya mencapai 114% dimana KAI pada tanggal 23 Desember menyediakan sebanyak total 135.339 tempat duduk KA Jarak Jauh.
Untuk melayani pelanggan pada puncak libur Natal ini, KAI mengoperasikan 236 KA Jarak Jauh.
Baca Juga: Dirangkai KA Taksaka Tambahan, KAI Mulai Jual Tiket Kereta Panoramic, Segini Harga Promonya
Volume pelanggan KA Jarak Jauh tersebut meningkat 21% dibandingkan keberangkatan tanggal 22 Desember dimana KAI melayani 128.224 pelanggan KA Jarak Jauh.
Selanjutnya pemesanan tiket diprediksi akan kembali meningkat saat Libur Tahun Baru 2023 pada keberangkatan 1 Januari 2023.
Sampai dengan saat ini berdasarkan data penjualan maka puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada tanggal 1 dan 2 Januari 2023.
Mayoritas pelanggan KA Jarak Jauh melakukan perjalanan pada puncak libur Natal tersebut dengan keberangkatan dari Jakarta disusul kota-kota besar lainnya.
Rinciannya, terdapat 17 ribu pelanggan KA Jarak Jauh yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen, 14 ribu pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Gambir, 11 ribu pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Bandung, 10 ribu pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Surabaya Gubeng, dan 6 ribu pelanggan KA Jarak Jauh dari Stasiun Pasar Turi.
Baca Juga: KAI Tetapkan Masa Angkutan Nataru Mulai 22 Desember 2022 Sampai 8 Januari 2023
Adapun relasi favorit pelanggan KA Jarak Jauh pada periode tersebut yaitu Jakarta - Yogyakarta, Jakarta - Bandung, Jakarta - Surabaya, Jakarta - Purwokerto, Bandung - Jakarta, Bandung - Surabaya, Surabaya - Yogyakarta, dan lainnya.
VP Public Relations KAI, Joni Martinus, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pelanggan karena telah mempercayakan perjalanan di masa libur Natal ini kepada KAI.
Ia menilai seluruh pelanggan juga tertib dan mematuhi protokol kesehatan selama menggunakan layanan KAI.
Artikel Terkait
Begini Cara KAI Daop 1 Jakarta Memperingati Hari Pahlawan 2022 di Stasiun Gambir dan Pasar Senen
KAI Bersama IDN Pictures Bikin Film Dokumenter Tentang Kereta Api Indonesia
Bikin Film Dokumenter KAI, Sutradara Fajar Nugros Sejak Kecil Dekat dengan Kereta Api
KAI: Uji Coba Kereta Cepat Jakarta Bandung Milestone Penting COD
Libatkan 24 Pelaku Usaha, KAI Bikin Teras UMK di Sisi Selatan Stasiun Bandung
KAI Operasikan 56 Kereta Api Tambahan untuk Angkutan Nataru