Menparekraf Ajukan Dangdut sebagai Warisan Budaya Tak Benda, Begini Reaksi Rhoma Irama

- Kamis, 8 Desember 2022 | 12:35 WIB
Sandiaga Uno.(Foto: Facebook Sandiaga Salahuddin Uno)
Sandiaga Uno.(Foto: Facebook Sandiaga Salahuddin Uno)

DepokToday.com - Selain ngomongin politik, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menpafekraf), Sandiaga Uno, membahas musik dangdut dengan Rhoma Irama.

Di hadapan Bang Haji Oma-sapaan akrab Rhoma Irama-itu, Sandiaga Uno merencanakan musik dangdut sebagai warisan budaya tak benda.

Rencana tersebut diungkapkan Sandiaga Uno saat mengunjungi Soneta Record milik Rhoma Irama di Jalan Tole Iskandar, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Rabu 7 Desember 2022 kemarin.

“Kami sedang siapkan dokumentasinya dan pengajuannya kerja sama dengan kementerian dan lembaga lainnya juga,” kata Sandiaga Uno kepada wartawan.

Baca Juga: Soal Capres 2024, Sandiaga Uno Ungkap Pesan Menyentuh dari Rhoma Irama

Menurutnya, musik dangdut perlu segera dijadikan warisan budaya tak benda milik Indonesia karena sebagai identitas budaya.

Sehingga nantinya, kata dia, tidak ada negara lain yang mengklaim musik dangdut. “Bang Haji ini tokoh musik dangdut yang menjadi kebanggaan bangsa dan identitas budaya. Kita kita ingin segera mengajukan ini, supaya ini tercatat dan supaya juga ini nanti tidak diklaim negara lain,” ujarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, berkunjung ke Soneta Record milik Rhoma Irama di Jalan Tole Iskandar, Sukamaju, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Rabu 6 Desember 2022 sore. (Foto: Istimewa)

Sandiaga Uno menuturkan, musik dangdut di Indonesia juga menjadi salah satu dari bentuk ekonomi kreatif yang menghidupi puluhan juta orang.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Hampir Rampung

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:26 WIB
X