Mendagri Perintahkan Semua Kepala Daerah Berikan Bantuan kepada Korban Gempa Bumi Cianjur

- Selasa, 29 November 2022 | 22:10 WIB
Mendagri Tito Karnavia. Foto: Tangkapan layar Youtube Kemendagri RI
Mendagri Tito Karnavia. Foto: Tangkapan layar Youtube Kemendagri RI

DepokToday.com - Semua kepala daerah di Indonesia, mulai dari gubernur hingga bupati dan wali kota, diminta untuk memberikan bantuan kepada korban gempa bumi Cianjur, Jawa Barat.

Hal tersebut ditegaskan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian, melalui Surat Edaran Nomor 900.1.1/8479/SJ tentang Bantuan Keuangan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur dalam rangka Penanganan Masyarakat Terdampak Bencana Alam.

Surat Edaran yang diteken Mendagri pada 28 November 2022 tersebut ditujukan kepada gubernur dan bupati dan wali kota seluruh Indonesia.

Mendagri berharap, seluruh gubernur, bupati dan wali kota memberi bantuan keuangan kepada Pemkab Cianjur untuk menangani korban bencana gempa.

Baca Juga: Kementerian Sosial Pastikan Kemensos Layani Optimal Korban Gempa Cianjur

Kata Mendagri, bantuan yang diberikan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) masing-masing pemerintah daerah (Pemda).

“Sesuai dengan kemampuan keuangan daerah dan mekanisme sebagaimana diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan,” tulis Mendagri dalam surat tersebut seperti dilansir laman Kementerian Dalam Negeri RI, Selasa 29 November 2022.

Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono, memberangkatkan relawan Depok yang membawa bantuan untuk korban gempa bumi Cianjur. (Foto: Depoktoday.com)

Dalam surat tersebut, Mendagri membeberkan berbagai regulasi yang menjadi landasan Pemda dalam memberikan bantuan kepada Pemkab Cianjur.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Kementerian Dalam Negeri RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Hampir Rampung

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:26 WIB
X