Canggih! Siswa MAN 2 Banyumas Modifikasi Sepeda Manual Menjadi Bertenaga Listrik

- Minggu, 27 November 2022 | 11:55 WIB
Faiz Khoirul Fuadi, siswa kelas XI MIPA 2 MAN 2 Banyumas, Jawa Tengah, menyalami gurunya sambil menuntun sepeda modifikasi bertenaga listrik. (Foto: Istimewa via Kementerian Agama RI)
Faiz Khoirul Fuadi, siswa kelas XI MIPA 2 MAN 2 Banyumas, Jawa Tengah, menyalami gurunya sambil menuntun sepeda modifikasi bertenaga listrik. (Foto: Istimewa via Kementerian Agama RI)

DepokToday.com - Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Banyumas, Jawa Tengah, memodifikasi sepeda manual menjadi tenaga listrik. Sepeda hasil modifannya itu dipakai sebagai sarana berkendara dari rumah menuju sekolah.

Inovasi sepeda listrik ini merupakan karya Faiz Khoirul Fuadi. Siswa kelas XI MIPA 2 itu mengaku sudah menggunakan sepeda listriknya selama satu tahun terakhir.

Faiz Khorul Fuadi mengungkapkan, ide memodifikasi sepeda manual menjadi bertenaga listrik karena borosnya penggunaan BBM ketika menggunakan motor dari rumah ke sekolah. Dikatakan Faiz, jarak dari rumahnya ke sekolah adalah 25 kilometer.

"Ide ini berawal dari jauhnya jarak rumah saya ke madrasah. Kalau naik motor, jadi boros BBM. Maka saya berinisiatif membuat sepeda listrik yang lebih hemat energi dan tidak memerlukan BBM," ujar Faiz seperti dilansir laman Kementerian Agama, sabtu 26 November 2022.

Baca Juga: 15 Fasilitas Kereta Api Cepat Jakarta Bandung, Ada Bagasi Sepeda dan Stroller Bayi

Faiz menjelaskan, sepeda listrik miliknya dibuat menggunakan rangka sepeda bekas yang dimodifikasi dengan penggerak memakai Dinamo bldc 350 watt yang ia beli dari informasi di facebook dalam kondisi bekas.

Untuk baterai menggunakan empat buah Accu kering yang biasa dipakai mesin sprayer untuk menyemprot tanaman padi. Accu kering dirangkai secara seri, dengan kontroler 48 volt.

Faiz Khorul Fuadi mengendarai sepeda listrik hasil modifikasi. (Foto: Istimewa via Kementerian Agama RI)

"Sedangkan untuk mengisi ulang daya listrik, cukup menghubungkan charger ke stopkontak dengan lama pengisian 6 jam dan bisa untuk menempuh jarak 30 km, dengan kecepatan maksimal 35 km/jam," ungkap Faiz.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Hampir Rampung

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:26 WIB
X