Museum Transportasi TMII Punya Koleksi Kendaraan Listrik

- Sabtu, 26 November 2022 | 19:55 WIB
Mobil listrik IONIQ 5 pabrikan Hyundai Motor menjadi tambahan koleksi Museum Transportasi TMII Jakarta. (Foto: Kementerian Perhubungan RI)
Mobil listrik IONIQ 5 pabrikan Hyundai Motor menjadi tambahan koleksi Museum Transportasi TMII Jakarta. (Foto: Kementerian Perhubungan RI)

DepokToday.com - Selain memiliki wajah baru pascarevitalisasi, Museum Transportasi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta kini punya koleksi kendaraan listrik.

Keberadaan kendaraan listrik di Museum Transportasi TMII bersamaan dengan dibukanya pusat pameran kendaraan masa depan yang diberi nama Hyundai Mobility Exhibition Center.

Unit mobil listrik yang menjadi tambahan koleksi Museum Transportasi adalah IONIQ 5 pertama Hyundai yang diproduksi di Indonesia.

Mobil listrik ini ditandatangani oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, pada saat meresmikan pabrik Hyundai di Cikarang pada Maret 2022 lalu.

Baca Juga: Mobil Listrik Pertama Indonesia Resmi Diluncurkan Presiden Jokowi

Mobil listrik itu dihibahkan oleh Hyundai Motor kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI) selaku pengelola Museum Transportasi.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas inisiatif Hyundai membangun pusat pameran kendaraan listrik yang menjadi suatu keniscayaan akan menjadi kendaraan masa depan.

"Apa yang dilakukan ini sejalan dengan upaya yang tengah dilakukan pemerintah untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik secara massal di Indonesia,” ujar Menhub seperti dilansir laman Kemenhub RI.

Menhub mengatakan, kehadiran kendaraan listrik di Museum Transportasi menjadi salah satu wujud komitmen pemerintah, bersama dengan pelaku industri otomotif mewujudkan transisi energi menuju energi yang berkelanjutan dan lebih ramah lingkungan dalam rangka mencapai target emisi nol-bersih (net zero emission) pada tahun 2060.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Hampir Rampung

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:26 WIB
X