Setelah Uji Publik, Sudah 2.360.723 Tenaga Honorer Terdata

- Rabu, 23 November 2022 | 19:43 WIB
Ilustrasi Aparatur Sipil Negara atau ASN. (Foto: Kabar Banten)
Ilustrasi Aparatur Sipil Negara atau ASN. (Foto: Kabar Banten)

DepokToday.com - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menerima data sebanyak 2.360.723 tenaga honorer atau pegawai non-ASN.

Data tersebut dilaporkan Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, dalam rapat kerja dengan Komisi II DPR RI, Senin 21 November 2022.

Anas mengungkapkan, proses pendataan non-ASN telah dilaksanakan dan telah diumumkan mulai tanggal 1-22 Oktober 2022.

Namun, sampai 31 Oktober 2022, sebanyak 120 instansi tidak atau belum menyampaikan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) yang ditandatangani oleh PPK instansi masing-masing.

Baca Juga: Pemerintah Tawarkan Tiga Opsi Terkait Nasib Tenaga Honorer, Begini Rinciannya

Dengan demikian didapatkan hasil pendataan non-ASN pada instansi pusat maupun daerah pasca uji publik yaitu sebanyak 2.360.723 orang. "Perlu dipahami bahwa pendataan ini bukan otomatis akan diangkat menjadi ASN," tegasnya.

Anas mengakui bahwa dari berbagai hal penting yang sudah didiskusikan bersama stakeholders terkait, tetap harus diputuskan hal yang paling genting dalam penanganan tenaga non-ASN.

Anas menegaskan bahwa penanganan tenaga non-ASN bukan hanya menjadi urusan pusat, tetapi juga pemerintah daerah.

Sebelumnya mantan Bupati Banyuwangi tersebut sudah menerima aspirasi dan membahas alternatif solusi penanganan tenaga non-ASN dengan asosiasi pemerintah daerah baik APPSI, APKASI, dan APEKSI. Termasuk juga dengan forum-forum tenaga non-ASN.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: KemenPAN RB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X