Pemerintah Tawarkan Tiga Opsi Terkait Nasib Tenaga Honorer, Begini Rinciannya

- Rabu, 23 November 2022 | 09:10 WIB
Ilustrasi tenaga non-ASN. ((Foto: padang.harianhaluan.com))
Ilustrasi tenaga non-ASN. ((Foto: padang.harianhaluan.com))

DepokToday.com - Ada tiga opsi yang ditawarkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terkait status tenaga non-ASN atau honorer.

Ketiga opsi itu yakni tenaga honorer diangkat seluruhnya menjadi ASN, diberhentikan seluruhnya, dan diangkat ASN dengan skala prioritas.

Tiga opsi mengenai nasib tenaga honorer tersebut diketahui ketika Menteri PANRB, Abdullah Azwar Anas, dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR RI di Gedung Nusantara II, Jakarta, Senin 21 November 2022.

"Ada tiga solusi yang ditawarkan, yaitu tenaga non-ASN diangkat seluruhnya menjadi ASN, diberhentikan seluruhnya, atau diangkat sesuai dengan skala prioritas," urai Anas.

Baca Juga: Pendataan Pegawai Honorer Paling Lambat 30 September 2022, Bukan untuk Diangkat Jadi ASN Tanpa Tes

Anas menjelaskan, dalam solusi alternatif yang ditawarkan tentu ada kelebihan dan kekurangan yang perlu dicermati oleh seluruh pihak.

“Prinsipnya, pemerintah ingin pelayanan publik dan reformasi birokrasi berjalan optimal, menuju birokrasi berkelas dunia, dan di sisi lain diupayakan agar tidak ada tenaga non-ASN yang kehilangan pekerjaan,” beber Anas.

Abdullah Azwar Anas.(Foto: Kementerian PANRB)

Ia memaparkan, alternatif solusi pertama, tenaga non-ASN diangkat seluruhnya menjadi ASN. Apabila seluruh tenaga non-ASN diangkat menjadi ASN tentu butuh kekuatan keuangan negara yang cukup besar.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: KemenPANRB RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X