Pemerintah akan Salurkan Bantuan untuk Warga Cianjur yang Rumahnya Rusak Akibat Gempa Bumi

- Selasa, 22 November 2022 | 15:02 WIB
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), meninjau salah satu lokasi yang terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa 22 November 2022. (Foto: BPMI Setpres)
Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), meninjau salah satu lokasi yang terdampak gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa 22 November 2022. (Foto: BPMI Setpres)

DepokToday.com - Pemerintah Indonesia akan menyalurkan bantuan kepada warga Cianjur yang rumahnya terdampak gempa bumi berupa uang tunai senilai puluhan juta rupiah.

Hal ini dikatakan Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), saat meninjau langsung lokasi terdampak gempa bumi di Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat pada Selasa 22 November 2022.

Presiden memastikan, bantuan kepada warga yang rumahnya terdampak gempa bumi berupa uang Rp50 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan berat, Rp25 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan sedang, dan Rp10 juta untuk rumah yang mengalami kerusakan ringan.

Baca Juga: Cerita Warga Cianjur yang Mengalami Gempa Tadi Siang, Guncangan Cukup Dahsyat

“Tetapi yang paling penting adalah pembangunan rumah-rumah yang terkena gempa bumi ini diwajibkan untuk memakai standar-standar bangunan yang anti gempa oleh Menteri PUPR. Karena tadi disampaikan oleh BMKG bahwa gempa ini adalah gempa 20 tahunan, sehingga pembangunan rumahnya kita arahkan untuk rumah yang anti gempa,” ujar Presiden Jokowi dilansir dari laman Setkab RI.

Sementara lokasi yang dikunjungi Presiden Jokowi di Jalan Raya Cibeureum, kini telah dapat dilalui. Jalan penghubung wilayah Bogor-Cianjur di Kecamatan Cugenang ini sebelumnya sempat tertimbun longsor akibat gempa bumi.

Baca Juga: Cianjur Digoyang Gempa, Semua Perjalanan KA di Daop 1 Jakarta Tidak Terganggu

Pada kesempatan ini, Presiden Jokowi turut menyampaikan ucapan duka cita atas musibah gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat.

“Pertama-tama atas nama pribadi, atas nama pemerintah, saya ingin menyampaikan dukacita yang mendalam, belasungkawa atas terjadinya musibah gempa bumi di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat,” ucapnya.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X