Melalui Acara Electric Vehicle-Funday, Menhub Beberkan Keuntungan Kendaraan Listrik

- Senin, 21 November 2022 | 10:20 WIB
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Jawa Barat.(Foto: Facebook Ridwan Kamil)
Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Jawa Barat.(Foto: Facebook Ridwan Kamil)

DepokToday.com - Melalui acara Electric Vehicle-Funday di Bundaran HI Jakarta, Minggu 20 November 2022, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, membeberkan sejumlah keuntungan menggunakan kendaraan listrik.

Berdasarkan hitungan yang dilakukan Ditjen Perhubungan Darat, satu liter BBM setara dengan 1,2 Kwh listrik.

Dengan harga listrik per kWh Rp 1.444 atau dibulatkan Rp 1.500, berarti 1,2 kWh listrik harganya sekitar Rp 1.700.

Artinya penggunaan kendaran listrik jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan satu liter BBM yang saat ini seharga Rp 10.000-21.000.

Baca Juga: Bus Listrik Merah Putih Resmi Diluncurkan, Siap Layani Delegasi KTT G20 Bali

Pada mobil listrik, setiap 1 kilowatt hour (kWh) bisa menjalankan mobil listrik sejauh 5-7 kilometer, sementara dengan kapasitas penuh mobil listrik rata-rata sebesar 45 kWh, kendaraan listrik bisa melaju hingga 300 kilometer.

"Secara keseharian, bisa lebih irit 75 persen dalam sehari dibandingkan dengan motor BBM. Kalau biasanya mengeluarkan uang Rp. 100 ribu sehari, ini Rp. 25 ribu saja sudah cukup,” ujar Menhub seperti dilansir laman Kemenhub.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi (dua kanan jongkok), meresmikan peluncuran Shuttle Motor Listrik yang diinisiasi oleh Electrum.(Foto: Kemenhub RI)

Selain lebih hemat energi dan biaya, keuntungan lainnya yang didapat dari penggunaan kendaran listrik yaitu: lebih terjamin, karena pemerintah akan terus mendorong semakin banyaknya fasilitas pengisian daya.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Kemenhub

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X