Kisah Mahasiswa Padang Sumatera Barat yang Ikut Program MBKM Kemendikbudristek

- Jumat, 18 November 2022 | 15:41 WIB
Suasana penyampaian ide pada Hari Ide oleh warga belajar KBQT Salatiga sebagai wujud merdeka belajar.(Foto: Istimewa)
Suasana penyampaian ide pada Hari Ide oleh warga belajar KBQT Salatiga sebagai wujud merdeka belajar.(Foto: Istimewa)

DepokToday.com - Civitas akademika dari 22 perguruan tinggi dan vokasi, baik negeri maupun swasta, se-Sumatera Barat merespons positif kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Al Fajri, mahasiswa Universitas Andalas Padang, Sumatera Barat, mengaku mendapat pengalaman berharaga setelah mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

"Ini pengalaman berharga bagi saya karena banyak hal baru yang saya pelajari. Hal ini membuat saya menjadi tahu apa latar belakang dari kehadiran program Merdeka Belajar Kampus Mengajar (MBKM) ini," ungjap Al Fajri saat berdialog di Aula Universitas Negeri Padang (UNP), Jumat 18 November 2022.

Baca Juga: Pendaftaran Kampus Mengajar Angkatan 5 Telah Dibuka, Penugasan di Sekolah Tahun 2023

Dia menceritakan, saat bertugas di Kepulauan Mentawai, dirinya membangun fasilitas kesehatan dan logistik hasil kolaborasi perguruan tinggi, swasta, dan pemerintah daerah (pemda).

Mahasiswa lainnya, Angga, juga mengaku mendapat kesan mendalam ketika harus mengajar di daerah terpencil dengan fasilitas seadanya.

"Ada sekitar 50 orang warga di daerah tempat saya tinggal saat itu dan ada 20 orang siswa yang saya bimbing. Untuk mendekatkan buku bacaan kepada mereka, saya bawa sekitar 60 buku untuk mereka gunakan,” jelas mahasiswa UNP.

“Ini adalah pengalaman yang luar biasa bagi saya,” sambung Angga yang juga peserta Laskar Rempah Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek ini.

Mendikbudristek Nadiem Makarim. (Tangkapan layar Youtube Kemendikbud RI)


Menanggapi kisah tersebut, Mendikbudristek, Nadiem Makarim, mengatakan, mahasiswa perlu mengetahui situasi tersebut.

Baca Juga: Mendikbudristek Minta Pemda Prioritaskan Guru Penggerak Jadi Kepala Sekolah

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Kemendikbudristek

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X