Tak Cuma Warna, Tugas Rangkaian KCJB Kuning dengan Merah Ternyata Berbeda

- Senin, 31 Oktober 2022 | 11:15 WIB
Rangkaian Comprehensive Inspection Train (CIT) atau kereta inspeksi (foto atas). Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU).(Foto-foto: Facebook Kereta Cepat Indonesia)
Rangkaian Comprehensive Inspection Train (CIT) atau kereta inspeksi (foto atas). Rangkaian Electric Multiple Unit (EMU).(Foto-foto: Facebook Kereta Cepat Indonesia)

DepokToday.com - Rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang sudah tiba di Indonesia terdiri dari dua warna, yakni kuning dan merah.

Kedua rangkaian KCJB yang beda warna itu ternyata memiliki peran atau fungsi yang berbeda juga.

Dikutip dari laman media sosial Facebook Kereta Cepat Indonesia, rangkaian KCJB berwarna kuning dinamakan Comprehensive Inspection Train (CIT) atau kereta inspeksi

Baca Juga: Ketika Netizen Usulkan Nama Kereta Cepat Jakarta Bandung, dari Kidang Kencana Hingga Sunda Express

Adapun tugas dari rangkaian CIT KCJB adalah bertanggung jawab memastikan rel, sistem kelistrikan dan sistem pendukung lainnya dalam kondisi prima.

"Jadi, kereta kuning ini dinamakan Comprehensive Inspection Train (CIT) atau kereta inspeksi. Terus yang merah itu apa dong Min (admin-red)," tulis Kereta Cepat Indonesia, Kamis 27 Oktober 2022.

Baca Juga: Gubernur Jawa Barat Minta Usulan Masyarakat untuk Nama Kereta Cepat Jakarta Bandung

Admin pun selanjutnya membahas rangkaian KCJB berwarna merah tersebut. Dijelaskan dalam postingan itu, rangkaian kereta berwarna merah dinamakan EMU (Electric Multiple Unit) untuk operasional penumpang.

EMU juga memiliki kemampuan untuk meminimalisasi getaran dan kebisingan, baik yang berasal dari akselerasi kereta maupun yang bersumber dari luar, sehingga penumpang bisa merasakan pengalaman bepergian dengan kenyamanan tinggi.(***)

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung Hampir Rampung

Sabtu, 28 Januari 2023 | 20:26 WIB
X