Pemerintah Arab Saudi Beri Kelonggaran untuk Jemaah Umrah Indonesia

- Kamis, 27 Oktober 2022 | 20:50 WIB
Kakbah di Masjidilharam di Mekah, Arab Saudi.(Foto: Kementerian Agama)
Kakbah di Masjidilharam di Mekah, Arab Saudi.(Foto: Kementerian Agama)

DepokToday.com - Kabar gembira datang dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang melonggarkan peraturan kesehatan bagi calon jemaah umrah asal Indonesia.

Kebijakan baru ini dibahas saat kunjungan Menteri Haji dan Umrah Kerajaaan Arab Saudi, Tawfiq F Al Rabiah menemui Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas di Auditorium HM Rasjidi Kementerian Agama, Senin, 24 Oktober 2022.

"Masa berlaku visa umrah saat ini hingga 90 hari dan jemaah bisa bebas berpergian selama di Arab Saudi. Tentunya ini menjadi angin segar terutama umat Muslim yang pergi ke Tanah Suci" kata Menag, Yaqut Cholil Qoumas, dikutip dari kemenag.go.id.

Baca Juga: Disetujui Arab Saudi, Bandara Kertajati akan Layani Empat Penerbangan Umrah Tahun Ini

Menteri Haji dan Umrah Kerajaaan Arab Saudi, Tawfiq F Al Rabiah, membeberkan kemudahan apa saja yang diberikan kepada jemaah umrah Indonesia.

Pertama, syarat mahram untuk jemaah perempuan kini sudah tidak berlaku. Kedua, durasi visa umrah diperpanjang menjadi 90 hari.

Baca Juga: Kebijakan Baru Umrah 1444 Hijriah, Tak Ada Batasan Kuota Jemaah dan Bisa Pakai Jenis Visa Lainnya

Ketiga, visa umrah ini berlaku untuk semua kota di Arab Saudi, bukan hanya untuk Mekah dan Madinah saja seperti kebijakan sebelumnya.

"Bagi calon jemaah umrah saat ini tidak perlu lagi vaksin meningitis dan tidak ada pembatasan usia bagi jemaah umrah," ujar Tawfiq F Al Rabiah.

Untuk memudahkan pelaksanaan umrah, Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah menyiapkan aplikasi 'Nusuk'. Melalui aplikasi tersebut jemaah bebas menentukan paket yang disediakan.

"Visa bisa diterbitkan kurang dari 24 jam dan kami akan terus memberikan kemudahan bagi jemaah umrah," jelas Tawfiq F Al Rabiah.(***)

Editor: Tidar Aira

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bus KPK Mampir di Kota Depok, Ada Apa Ya?

Minggu, 21 Mei 2023 | 18:47 WIB

Terpopuler

X