Sekjen Kemendagri: Sukses Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 Tanggung Jawab Kita Semua

- Kamis, 27 Oktober 2022 | 11:25 WIB
Simulasi pengamanan Pilkada Depok (Foto: DepokToday.com)
Simulasi pengamanan Pilkada Depok (Foto: DepokToday.com)

DepokToday.com - Sukses Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024 adalah tanggung jawab semua pihak, seperti KPU, Bawaslu, DKPP, pemerintah, dan DPRD.

Hal itu dikatakan Sekjen Kemendagri, Suhajar Diantoro, pada Rapat Koordinasi Asosiasi DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (ADPSI) dan Asosiasi Sekretaris DPRD Provinsi Seluruh Indonesia (ASDEPSI) di Hotel Borobudur Jakarta, Senin 24 Oktober 2022.

Pernyataan Suhajar sejalan dengan tema rapat itu yakni 'Peran ADPSI dalam rangka Menciptakan Situasi yang Kondusif Menjelang Pemilu Serentak pada Tahun 2024'.

"Sukses Pemilu dan Pilkada serentak ini adalah tanggung jawab kita bersama. Tanggung jawab penyelenggara (Pemilu), KPU, Bawaslu, dan DKPP. Tanggung jawab kita pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Pemerintah daerah adalah kepala daerah dan DPRD,” ujarnya.

Baca Juga: KPU Adakan Lomba Maskot Pemilu 2024, Simak Persyaratannya di Sini

Guna kesuksesan Pemilu, Suhajar mengatakan perlu juga dukungan dari masyarakat yang keaktifannya harus didorong oleh pemerintah daerah termasuk DPRD.

Peran tersebut di antaranya dengan penyusunan data kependudukan untuk Pemilu, memastikan netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), hingga membantu KPU bisa bekerja dengan maksimal tanpa hambatan.

“Peran DPRD juga sangat penting di sini, baik itu kepala daerah dan DPRD. Kemudian  (perlu juga) dukungan SDM, keamanan, kemudian pendidikan politik. Apabila ini kita kerjakan bersama maka wajah demokrasi kita akan semakin baik,” tandasnya.

Suhajar mengungkapkan, sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, Pemilu akan dilaksanakan sesuai jadwal pada 14 Februari 2024 nanti.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Kemendagri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dewan Pers Paparkan Program Kerja ke Presiden Jokowi

Senin, 6 Februari 2023 | 23:38 WIB

Sandiaga Uno Masih Berpeluang Merapat ke PPP

Minggu, 5 Februari 2023 | 17:52 WIB
X