Wali Kota Berperan Penting untuk Mewujudkan Smart City, Kata Dirjen Adwil Kemendagri

- Minggu, 16 Oktober 2022 | 19:00 WIB
Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Safrizal ZA (tengah).(Foto: Kemendagri)
Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Safrizal ZA (tengah).(Foto: Kemendagri)

DepokToday.com - Wali kota di seluruh Indonesia berperan sentral dalam upaya mewujudkan tata kelola perkotaan cerdas atau dikenal dengan smart city.

Hal itu dikatakan Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Safrizal ZA, saat membuka langsung Indo Smart City 2022 yang digelar Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Techno Park, Kota Surakarta, Rabu 12 Oktober 2022.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Dewan Pengurus APEKSI yang merupakan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto, Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, dan jajaran wali kota lainnya.

"Key factor dalam upaya mewujudkan smart city adalah political and good will dari kepala daerah. Start with mindset, execute within policy, di mana tata kelola perkotaan harus diselenggarakan dengan smart sehingga mampu menjawab tantangan dan kompleksitas perkotaan,” tegas Safrizal yang membuka acara itu mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

Baca Juga: Ini Pesan Wali Kota Depok kepada Kandidat dan TNI-Polri Terkait Pemilu 2024

Sejalan dengan hal tersebut, pandemi COVID-19 telah menjadi momentum untuk mengakselerasi pemanfaatan teknologi digital.

Lompatan penggunaan teknologi digital secara masif turut mendorong pula terbentuknya berbagai ekosistem smart city di penjuru negeri. 

"Tidak melulu ancaman, pandemi nyatanya turut berkontribusi pada terbuka lebarnya ruang transformasi digital, layaknya bunga berkembang di musim penghujan," katanya.

Baca Juga: Sambangi Pondok Petir, Wali Kota Depok Dengarkan Keluhan Warga

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: kemendagri

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dewan Pers Paparkan Program Kerja ke Presiden Jokowi

Senin, 6 Februari 2023 | 23:38 WIB
X