Tinjau Stadion Kanjuruhan, Presiden Jokowi Sebut Problemnya Ada di Pintu yang Terkunci

- Kamis, 6 Oktober 2022 | 06:00 WIB
Presiden Jokowi didampingi pejabat terkait meninjau kondisi Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada Rabu 5 Oktober 2022.(Foto: BPMI Setpres)
Presiden Jokowi didampingi pejabat terkait meninjau kondisi Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, pada Rabu 5 Oktober 2022.(Foto: BPMI Setpres)

DepokToday.com - Empat hari pascatragedi tewasnya ratusan suporter Arema FC, Presiden RI, Joko Widodo, mengunjungi Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Rabu 5 Oktober 2022.

Dalam kunjungannya, Presiden yang didampingi Ibu Iriana Joko Widodo meninjau kondisi Stadion Kanjuruhan yang menjadi saksi bisu tewasnya ratusan suporter Arema FC pascalaga BRI Liga 1 antara Arema FC melawan Persebaya Surabaya pada hari Sabtu, 1 Oktober 2022.

Usai meninjau kondisi stadion, Presiden memandang bahwa tragedi Kanjuruhan disebabkan oleh banyak faktor.

Baca Juga: Terkait Tragedi Kanjuruhan, Semua Pertandingan UEFA akan Mengheningkan Cipta Sebelum Kick-off

“Sebagai gambaran, tadi saya melihat bahwa problemnya ada di pintu yang terkunci dan juga tangga yang terlalu tajam, ditambah kepanikan yang ada, tapi itu saya hanya melihat lapangannya,” ucap Presiden dalam keterangannya kepada awak media di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, seperti dilansir laman Setkab RI.

Presiden Jokowi kembali menegaskan bahwa tata kelola persepakbolaan Indonesia perlu diperbaiki secara keseluruhan, baik dalam hal tata kelola pertandingan, stadion, penonton, hingga pengamanan.

Baca Juga: Komnas PA Mensinyalir Masih Banyak Anak-anak yang Belum Terdeteksi Sebagai Korban Tragedi Kanjuruhan

Presiden juga menambahkan bahwa Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) menyatakan kesiapannya untuk membantu memperbaiki tata kelola tersebut.

“Saya kira kita memang perlu evaluasi total semuanya, baik manajemen pertandingan, manajemen stadion, manajemen penonton, manajemen waktu, manajemen pengamanan. Semuanya harus dievaluasi total agar peristiwa yang terjadi di Stadion Kanjuruhan ini tidak terjadi lagi, jelas semuanya,” tegasnya.(***)

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Setkab

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X