Kampus UIN KH. Abdurrahman Wahid Harus Terapkan Nilai yang Diajarkan Gus Dur

- Rabu, 28 September 2022 | 16:30 WIB
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas (kiri), membubuhkan tanda tangan di plakat untuk Gedung Fakultas Syariah UIN KH. Abdurrahman Wahid.(Foto: Kemenag RI)
Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas (kiri), membubuhkan tanda tangan di plakat untuk Gedung Fakultas Syariah UIN KH. Abdurrahman Wahid.(Foto: Kemenag RI)

DepokToday.com - Universitas Islam Negeri (UIN) KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Pekalongan, Jawa Tengah, harus menerapkan nilai yang diajarkan oleh Gus Dur.

Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas, berpesan hal itu saat meresmikan Kampus UIN KH. Andurrahman Wahid (Gus Dur), Selasa 27 September 2022.

"Gus Dur adalah humanisme itu sendiri. Didiklah mahasiswa yang ada di sini sebagai seorang humanis," kata Menag sebagaimana dilansir laman resmi Kementerian Agama RI.

"Saya harap ini menjadi catatan penting. Mahasiswa jika nanti keluar dari kampus ini, bisa menjadi manusia seutuhnya," lanjutnya. 

Baca Juga: Delapan Kampus UIN Masuk 50 Universitas Islam Terbaik di Dunia Versi UniRank 2022

Menag juga berharap kehadiran perwakilan keluarga KH. Abdurrahman Wahid dalam acara ini sebagai wujud restu. 

Pada kesempatan yang sama, Rektor UIN KH. Abdurrahman Wahid, Zaenal Mustakim, menyampaikan bahwa usulan nama kampus ini langsung disampaikan oleh Gusmen (sapaan akrab Menag-red).

"Kami menyambut usulan ini dengan senang dan gembira. Tidak ada penolakan, bahkan nama ini justru menyatukan," kata Zaenal. 

Zaenal juga menyampaikan bahwa ada sejumlah harapan besar dari disematkannya nama KH. Abdurrahman Wahid bahkan dari kalangan internal. 

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Kemenag RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X