Presiden Jokowi Lepas Penyaluran Bantuan Kemanusiaan untuk Korban Banjir di Pakistan

- Senin, 26 September 2022 | 20:30 WIB
Proses loading bantuan ke dalam pesawat.(Foto: Kementerian Luar Negeri RI)
Proses loading bantuan ke dalam pesawat.(Foto: Kementerian Luar Negeri RI)

DepokToday.com - Bertempat di Pangkalan TNI Angkatan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin 26 September 2022, Indonesia menyalurkan bantuan untuk korban banjir di Pakistan.

Penyaluran bantuan untuk warga Palestina ini dilakukan langsung oleh Presiden RI, Joko Widodo. Bantuan kemanusiaan ini diangkut menggunakan dua pesawat khusus dari Maskapai Garuda Indonesia.

Adapun bentuk bantuan yang disalurkan antara lain obat-obatan, tenda, pakaian, selimut, kantong tidur, kelambu, dan generator.

Tim Bantuan Kemanusiaan yang diberangkatkan ke Pakistan dengan dua pesawat Garuda Indonesia hari ini dipimpin langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhajir Effendi, dengan anggota tim Ketua Komisi VIII DPR RI, Ashabul Kahfi, Kepala BNPB, Letjen Suharyanto, dan Direktur Asia Selatan dan Tengah Kemlu serta perwakilan dari kementerian/lembaga terkait lainnya.

Total bantuan hibah non-tunai dari Indonesia untuk Pakistan adalah senilai 1,2 juta USD atau setara Rp18,1 miliar dengan berat tonase sekitar 90 ton.

"Menyampaikan ucapan duka cita yang mendalam baik atas nama pribadi dan juga atas nama rakyat Indonesia kepada saudara-saudara di Pakistan atas jatuhnya korban jiwa akibat bencana banjir dan tanah longsor," kata Presiden dilansir laman resmi Kementerian Luar Negeri RI.

Baca Juga: Dua WNA Pakistan Diciduk Saat Lakukan Pungli di Depok

Presiden yang akrab disapa Jokowi juga menjanjikan penyaluran bantuan dana hibah sebesar 1 juta USD atau Rp15,1 miliar dan akan mengirimkan tim medis ke Pakistan.

Saat ini tengah dilakukan assessment kebutuhan mendesak di lokasi yang terdampak banjir oleh Tim dari BNPB dengan berkonsultasi langsung dengan Kementerian Luar Negeri, Kementerian Korrdinaator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Kementerian Luar Negeri RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X