Kepala BPIP Berikan Pembekalan Kepada Pasis Dikreg LXII Seskoad TA 2022

- Selasa, 13 September 2022 | 20:55 WIB
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi saat memberikan kuliah umum pada Pasis (Foto: Dokumen BPIP)
Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi saat memberikan kuliah umum pada Pasis (Foto: Dokumen BPIP)

DepokToday.com - Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP, Prof. Drs. K.H. Yudian Wahyudi memberikan ceramah pembekalan kepada Perwira Siswa Dikreg LXII Seskoad TA 2022.

Mereka terdiri dari 241 Pasis TNI Angkatan Darat, 2 Pasis TNI Angkatan Laut, 2 Pasis dari TNI Angkatan Udara, serta 19 Pasis Polri, di Gedung Jenderal Gatot Soebroto Seskoad, Bandung, Senin 12 September 2022.

Kepada Pasis Dikreg, Prof Yudian mengenalkan salam Pancasila yang merupakan Salam Kebangsaan di tengah kemajemukan Bangsa Indonesia.

"Saya jelaskan, Salam Pancasila adalah Salam Kebangsaan. Salam Pancasila bukan salam untuk mengganti salam agama. Salam Pancasila adalah jembatan antaragama sebagai salam pemersatu," ucapnya saat membuka ceramah dikutip pada Selasa, 13 September 2022.

Baca Juga: Bicara Soal Kekerasan Anak, Wali Kota Depok: Dari Zaman Nabi Saja Ada

Dalam pembekalan bertajuk "Pembumian Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara" Prof Yudian mengatakan, negara bukanlah entitas yang ajeg (immutable) yang tidak akan pernah berubah.

“Negara bisa berubah batas wilayah atau bahkan bubar. Yugoslavia dan Uni Soviet adalah contoh. Kita pernah kehilangan Timor Leste," tuturnya.

Kemudian, Prof Yudian mengungkapkan, ada kondisi-kondisi tertentu yang akan memengaruhi legitimasi dan kedaulatan Indonesia, dimana kondisi tersebut bisa terbagi ke dalam dua bagian, yakni sebagai tantangan eksternal (geopolitik global) dan tantangan internal.

Baca Juga: Puslabfor Turun ke Lokasi Kebakaran Gudang JNE Depok, 5 Orang Ini Diperiksa Polisi

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program Kartu Prakerja Berlanjut di Tahun 2023

Selasa, 4 Oktober 2022 | 15:00 WIB

Segini Jumlah Penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung

Jumat, 30 September 2022 | 17:00 WIB
X