Begini Jurus Jitu FTUI Selamatkan Indonesia dari Darurat Sampah

- Kamis, 25 Agustus 2022 | 11:00 WIB
Kegiatan FTUI dalam mengolah sampah (Foto: Dok FTUI)
Kegiatan FTUI dalam mengolah sampah (Foto: Dok FTUI)

DepokToday.com – Sejumlah civitas Fakultas Teknik Universitas Indonesia atau FTUI, menggelar pelatihan cara mengolah sampah menjadi bahan yang lebih bermanfaat. Selain dinilai berdampak postif pada lingkungan, kegiatan ini juga bisa menciptakan peluang bisnis bagi masyarakat.

Terkait hal itu, FTUI menggandeng sejumlah mitranya, seperti Danone, Yayasan Lentera Anak, dan Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan Wakatobi.

Adapun dalam kegiatan yang digagas FTUI itu bertajuk "Sampahku, Tanggung Jawabku (Samtaku)." Pelatihan tersebut ditujukan untuk sejumlah pelajar di Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Tim Samtaku sendiri diketuai oleh Dr. Cindy Rianti Priadi, dosen Departemen Teknik Sipil, FTUI.

Baca Juga: Untuk Pertama Kalinya Muncul Setelah Jadi Tersangka, Begini Kondisi Ferdy Sambo di Ruang Sidang

Pelatihan yang diberikan berupa pembelajaran berbasis pengalaman untuk pengelolaan sampah yang bertanggung jawab.

Ia mengaku sengaja memilih Wakatobi sebagai lokasi pilot implementasi program Samtaku karena daerah ini memiliki Taman Nasional Laut Wakatobi yang merupakan taman nasional terbesar ke-3 di Indonesia

“Pesona dan keindahan ekosistem laut Wakatobi patut dilestarikan dan dilindungi,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima awak media pada Kamis, 25 Agustus 2022.

Cindy menjelaskan, bahwa kegiatan Samtaku di Wakatobi yang didukung oleh National Geographic Society ini dibagi menjadi tiga kegiatan utama, yaitu Training of Trainers (ToT) kepada para pemuda Wakatobi.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dewan Pers Paparkan Program Kerja ke Presiden Jokowi

Senin, 6 Februari 2023 | 23:38 WIB

Sandiaga Uno Masih Berpeluang Merapat ke PPP

Minggu, 5 Februari 2023 | 17:52 WIB
X