Semarak Peringatan HUT ke-77 RI di Luar Negeri, Aksi Debus Hingga Lomba Pidato Bahasa Indonesia

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 20:30 WIB
Bendera merah putih berukuran raksasa dibentangkan pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ankara, Turki.(Foto: Kementerian Luar Negeri RI)
Bendera merah putih berukuran raksasa dibentangkan pada peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Ankara, Turki.(Foto: Kementerian Luar Negeri RI)

DepokToday.com - Tak hanya di dalam negeri, semarak peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2022 juga terjadi di luar negeri.

Di Ankara, Turki, Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di sana merayakan HUT ke-77 Kemerdekaan RI dengan berbagai cara.

Dalam acara Festival Merah Putih yang diselenggarakan KBRI Ankara di Wisma Duta Park, Turki, menampilkan pertunjukan debus dan membentangkan bendera Merah Putih berukuran raksasa.

Kedua kegiatan tersebut berlangsung pada tanggal 17 Agustus 2022 sore hari waktu setempat, itu disaksikan oleh sekitar 900 WNI dan warga Turki (Sahabat Indonesia) yang hadir dari berbagai kota di Turki.

40 Mahasiswa Indonesia dari Universitas Dumlupinar Kutahya menampilkan drama musikal yang menggabungkan antara aksi Pencak Silat dan aksi Debus.

Baca Juga: Skuat Timnas Indonesia U-16 Ikuti Upacara Bendera HUT ke-77 RI di Istana Merdeka

Aksi yang dikemas dengan apik dalam penampilan berdurasi sekitar 30 menit tersebut mendapatkan sambutan sangat meriah dari para penonton.

“Luar biasa, orang Indonesia kreatif sekali mengekspresikan syukuran kemerdekaannya. Saya baru sekali ini melihat ekspresi perayaan kemerdekaan yang sangat beragam seperti ini", ungkap Gurhan Ulusoy, seorang anggota Sahabat Indonesia yang juga pengusaha dan mantan Presiden Asosiasi Produsen Biji-Bijian (Turkish Grain Association).

Selain aksi Debus dan aksi rentang bendera merah putih raksasa, pada Festival Merah Putih juga ditampilkan pagelaran musik oleh pelajar Indonesia di Turki dan artis ibu kota Lia Amelia, penampilan dan peluncuran Komunitas Stand Up Comedy PPI Turki, theater oleh PPI Turki.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Kementerian Luar Negeri RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X