Akhir Tragis Tole Iskandar, Pejuang Depok yang Tewas Dibredel Dalam Parit

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:05 WIB
Ilustrasi pertempuran melawan penjajah di Indonesia (Foto: Istimewa)
Ilustrasi pertempuran melawan penjajah di Indonesia (Foto: Istimewa)

DepokToday.com - Nama Tole Iskandar tentu sudah tak asing lagi bagian sebagian besar warga Depok. Namanya terpampang jelas di salah satu papan jalan kota ini. Ia adalah satu dari sejumlah putra daerah yang turut berjuang demi kemerdekaan bangsa ini.

Tole Iskandar merupakan sulung dari tujuh bersaudara pasangan Raden Samidi Darmorahardjo dan Sukati binti Raden Setjodiwiryo itu mengawali karir militernya sejak usia belasan tahun.

Sang ayah, yang menjabat sebagai menteri perairan pada zaman kolonial Belanda tadinya tidak tahu jika putra kesayangannya tersebut bakal menjadi salah satu pejuang kemerdekaan.

Baca Juga: La Liga Spanyol 2022-2023 Dimulai, Ini Hasil Pertandingan dan Jadwal Pekan Pertamanya

“Saat itu keluarga atau orangtuanya tidak ada yang tahu.  Dia (Tole) balik-balik sudah jadi tentara, pakai samurai panjang,” kata Arifin Darmo Wahyu, keponakan Tole Iskandar.

Kakek Tole Iskandar (Foto: Wikipedia)

Belakangan diketahui, Tole pernah mengenyam pendidikan militer bersama tentara Jepang.

Karena prihatin dengan kondisi negaranya, ia kemudian menggalang kekuatan untuk melawan Belanda dan mendapat dukungan dari keluarga.

Kala itu, pasukannya hanya berjumlah 21 orang atau yang dikenal dengan sebutan Kelompok 21. Meski usianya masih terbilang muda, namun sepak terjang Tole Iskandar ternyata cukup disegani lawan maupun kawan.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program Kartu Prakerja Berlanjut di Tahun 2023

Selasa, 4 Oktober 2022 | 15:00 WIB
X