SOP Naik ke Bangunan Candi Borobudur Sedang Disusun

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 08:00 WIB
Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.(Foto: bumn.go.id)
Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.(Foto: bumn.go.id)

DepokToday.com - Standar Operasional Prosedur (SOP) mengenai siapa saja yang boleh naik ke bangunan Candi Borobudur diusulkan PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko.

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Edy Setijono, mengungkapkan, SOP itu sedang disusun bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Kata dia, SOP ini bertujuan agar ke depannya memiliki panduan yang sama. PT TWC telah mengajukan usulan tiga pihak yang bisa mendapatkan izin menaiki bangunan Candi Borobudur.

Mereka adalah para pejabat atau kepala negara lain yang berkunjung untuk kepentingan diplomasi, pemuka agama untuk upacara keagamaan, dan peneliti untuk kepentingan sains.

Baca Juga: Wajah Baru Candi Borobudur Jauh Lebih Menarik dan Semakin Megah

Dengan kata lain, dalam usulan tersebut, pengelola candi menyampaikan bahwa dengan semangat konservasi, wisatawan sedapat mungkin diupayakan untuk bisa menikmati kemegahan Candi Borobudur tanpa harus naik ke struktur bangunan.

"Karena pemerintah atau kita semua ingin agar cara menikmati bangunan kemegahan Borobudur itu, tidak harus dengan menyentuh bangunan itu sendiri,” jelas Edy Setijono dilansir laman resmi BUMN, Rabu 10 Agustus 2022.

Menurut Edy Setijono, ada pihak yang memang harus difasilitasi untuk kepentingan tertentu sehingga diberikan akses untuk naik ke struktur candi.

Candi Borobudur.(Foto: Instagram borobudurpark)

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: BUMN

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Program Kartu Prakerja Berlanjut di Tahun 2023

Selasa, 4 Oktober 2022 | 15:00 WIB
X