Sektor Transportasi Tumbuh 21,27 Persen pada Triwulan II-2022

- Senin, 8 Agustus 2022 | 19:55 WIB
Menhub, Budi Karya Sumadi (pegang mic), ketika melakukan inspeksi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.(Foto: dephub.go.id)
Menhub, Budi Karya Sumadi (pegang mic), ketika melakukan inspeksi di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur.(Foto: dephub.go.id)

DepokToday.com - Data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan sektor transportasi dan pergudangan berhasil tumbuh 21,27 persen pada triwulan II-2022.

Hal ini menunjukkan tren yang terus meningkat setelah pada triwulan I-2022 sektor transportasi dan pergudangan juga tumbuh positif mencapai 15,79 persen.

“Hasil ini bisa menjadi indikator bahwa pemulihan di sektor transportasi yang telah kita bersama upayakan sudah terjadi. Momentum ini harus kita jaga agar pada triwulan ketiga dan keempat di tahun 2022 trennya terus meningkat,” ujar Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, Senin 8 Agustus 2022.

Menhub mengatakan, pada awal tahun 2022 lalu telah menyiapkan sejumlah strategi untuk mendorong percepatan pemulihan sektor transportasi yang terdampak akibat pandemi COVID-19.

Baca Juga: Indonesia dan Inggris Sepakat Kerjasama Pengembangan Transportasi Rendah Karbon

Adapun sejumlah strategi yang disampaikan Menhub dalam rapat kerja sektor transportasi nasional Februari 2022 lalu, diantaranya yakni: mengoptimalkan penerapan pendanaan kreatif non APBN melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam rangka pemenuhan kebutuhan infrastruktur transportasi.

Kemudian mengoptimalkan Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) melalui Badan Layanan Umum (BLU) sebagai salah satu sumber pendanaan alternatif untuk percepatan pembangunan infrastruktur.

Menhub, Budi Karya Sumadi (kanan pakai rompi), meninjau Bus Listrik Merah Putih di PT INKA, Madiun, Jawa Timur.(Foto: dephub.go.id)

Lalu mendorong keterlibatan peran swasta dalam percepatan pertumbuhan ekonomi nasional, dan melakukan transformasi struktural dan digitalisasi dalam upaya meningkatkan layanan transportasi.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Kemenhub RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hakim Mahkamah Agung Terciduk OTT Tim KPK, Ini Kasusnya

Kamis, 22 September 2022 | 17:10 WIB
X