Jemaah Haji Indonesia Kloter Terakhir Tinggalkan Makkah, Diterbangkan ke Tanah Air 13 Agustus 2022

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 08:00 WIB
Direktur Layanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab (kibarkan bendera), melepas keberangkatan jemaah haji SOC 43 menuju Madinah.(Foto: Kementerian Agama RI)
Direktur Layanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab (kibarkan bendera), melepas keberangkatan jemaah haji SOC 43 menuju Madinah.(Foto: Kementerian Agama RI)

DepokToday.com - Proses pemulangan jemaah haji Indonesia dari Arab Saudi ke tanah air kini telah fokus di Kota Kelahiran Nabi Muhammad SAW, yakni Madinah.

Hal itu dikarenakan jemaah haji kelompok terakhir gelombang kedua sudah diberangkatkan dari Makkah menuju Madinah, Kamis 4 Agustus 2022 waktu setempat.

Kloter (kelompok terbang-red) 43 Embarkasi Solo (SOC 43) menjadi rombongan terakhir yang bakal meninggalkan Kota Kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Masyarakat Usia 65 Tahun ke Atas Diprioritaskan Berangkat Haji Tahun 2023

Mereka diberangkatkan menuju Madinah untuk menjalani Ibadah Arbain (salat wajib berjamaah selama 40 waktu di Masjid Nabawi).

Mereka akan tinggal di Madinah selama delapan atau sembilan hari untuk selanjutnya diberangkatkan menuju Tanah Air pada 13 Agustus 2022.

“Alhamdulillah sore hari ini, SOC 43 sudah kita lepas menuju Madinah. Ini menandakan bahwa seluruh rangkaian kegiatan pelaksanaan ibadah haji di Kota Makkah sudah selesai. Operasional haji terfokus di Madinah,” terang Direktur Layanan Haji Dalam Negeri, Saiful Mujab, usai melepas keberangkatan jemaah haji SOC 43 menuju Madinah dari Hotel Kiswa, Jarwal – Makkah.

Baca Juga: Gelombang Pertama Pemulangan Jemaah Haji Indonesia Segera Berakhir

"Jadi semua konsentrasi di Madinah untuk menuntaskan pemulangan kloter-kloter yang ada di Madinah sampai 13 Agustus,” sambung Saiful Mujab. 

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Kemenag RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X