Gegara Merek Dagang, PT Hangzhou Seret Thaishan Alkes Hingga Kemenkumham ke Pengadilan

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 18:24 WIB
PT Hangzhou Clongene Biotech Co. LTD melayangkan gugatan soal merek dagang (Foto: Istimewa)
PT Hangzhou Clongene Biotech Co. LTD melayangkan gugatan soal merek dagang (Foto: Istimewa)

DepokToday.com - PT Hangzhou Clongene Biotech Co. LTD melayangkan gugatan kepada tiga pihak lantaran diduga telah melakukan perbuatan melawan hukum. Adapun persoalannya adalah soal penggunaan merek dagang.

Tiga pihak yang digugat PT Hangzhou Clongene adalah PT Taishan Alkes Indonesia, Kementerian Hukum dan HAM serta Kementerian Kesehatan.

Kuasa hukum PT Hangzhou Clongene Biotech Co. LTD, Agus Sudanto mengungkapkan, bahwa gugatan dilayangkan atas dasar dugaan perbuatan melawan hukum, yakni melanggar kesepakatan penggunaan merek dagang karena dianggap memiliki persamaan sebagian atau seluruhnya.

Hal itu diketahui setelah PT Taishan Alkes Indonesia mendaftarkan nama atau merek Clungene IND ke Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM.

Baca Juga: Jambret Berkedok Ojol Kerjai 3 Bocah di Depok, Ini Penampakannya

Padahal menurut Agus, PT Hangzhou Clongene telah mendaftarkan merek dagang Clungene tersebut dengan nomor pendaftaran IDM000715598 dalam kategori barang atau jasa sejak tahun 2017 dan mendapat perlindungan hak merek sampai dengan 2 Agustus 2027.

Dengan demikian, menurut Agus, pihaknya menduga ada persamaan sebagian dan atau seluruhnya atas nama merek dagang Clungene milik PT Hangzhou yang digunakan oleh tergugat dengan nama Clungene IND.

“Oleh karena itu, penggugat telah mengajukan keberatan atas penggunaan nama tersebut,” katanya dikutip pada Rabu, 3 Agustus 2022.

Baca Juga: Polisi Libatkan Saksi Ahli Usut Kuburan Bansos di Depok

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bikin Geger, Ini Fakta di Balik Sel Mewah Ferdy Sambo

Rabu, 28 September 2022 | 10:25 WIB

Pria Ini Dibekuk Terkait Ledakan di Asrama Polisi

Senin, 26 September 2022 | 14:00 WIB

Hakim Mahkamah Agung Terciduk OTT Tim KPK, Ini Kasusnya

Kamis, 22 September 2022 | 17:10 WIB
X