KAI Dapat Suntikan Dana Rp4,1 Triliun untuk Selesaikan Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 17:03 WIB
Rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).(Foto: KAI)
Rangkaian Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).(Foto: KAI)

DepokToday.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mendapat suntikan dana Rp4,1 triliun untuk menyelesaikan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Suntikan dana triliunan rupiah itu sebagai penambahan Penyertaan Modal Negara (PMN) tahun 2023 yang telah disetujui Komisi VI DPRI RI pada 4 Juli 2022. 

VP Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan, dukungan ini sangat penting bagi KAI untuk menjalankan penugasan dari pemerintah yaitu menyelesaikan proyek KCJB melalui PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) di tengah tantangan yang masih dilalui yakni pandemi COVID-19 yang masih belum berakhir.

KAI menyampaikan terima kasih kepada pemerintah atas kepercayaan dan dukungan yang diberikan. KAI berkomitmen untuk menuntaskan penugasan ini dengan menerapkan prinsip good corporate governance (GCG) guna memberikan layanan transportasi kereta cepat yang akan hadir pertama kali di Indonesia ini,” kata Joni.

Baca Juga: Kemenhub Libatkan Perguruan Tinggi dalam Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung dan LRT Jabodebek

Hadirnya Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung akan menjadikan Indonesia dengan layanan kereta api cepat pertama di ASEAN.

Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan memberikan alternatif transportasi kepada masyarakat yang ingin bepergian dengan cepat, aman, dan nyaman diantara kedua wilayah tersebut.

Satu rangkaian KCJB terdiri dari 8 kereta dengan kapasitas sebanyak 601 pelanggan. Adapun kelas pelayanannya terbagi menjadi VIP Class sebanyak 18 pelanggan, First Class sebanyak 28 pelanggan, dan Second Class sebanyak 555 pelanggan.

Tarif yang akan dikenakan berkisar antara Rp250.000 hingga Rp350.000, namun saat ini tarif tersebut masih terus dikaji dalam berbagai aspek.

Baca Juga: Progres Sudah 82 Persen, KCIC Lagi Latih Masinis Kereta Cepat Jakarta Bandung

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: Public Relations KAI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hakim Mahkamah Agung Terciduk OTT Tim KPK, Ini Kasusnya

Kamis, 22 September 2022 | 17:10 WIB
X