HAN 2022, Momentum Penting Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak

- Senin, 25 Juli 2022 | 16:19 WIB
Suryadi, S.Pd. (Foto: Dok. Pribadi)
Suryadi, S.Pd. (Foto: Dok. Pribadi)

DepokToday.com - Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) diselenggarakan setiap tahun pada tanggal 23 Juli memiliki sejarah yang cukup panjang.

Jejak rekam embrio Hari Anak Nasional sudah tergurat sejak berdirinya Kongres Wanita Indonesia (Kowani) yang diresmikan pada tahun 1946 silam.

Hingga akhirnya, Presiden ke-2 RI, Soeharto, mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 44/1984 yang memutuskan bahwa Hari Anak Nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli.

Anggota Komunitas Guru Belajar Nusantara (KGBN) Kota Depok, Suryadi, mengatakan, peringatan HAN merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak.

Baca Juga: Peringati Hari Anak Nasional 2022, KAI Lakukan Hal Ini di Museum Ambarawa

"Atas hak hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta anak mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi," ujar Suryadi, Senin 25 Juli 2022.

Menurut Suryadi, banyak kasus terkait dengan kekerasan terhadap anak, bukan hanya di rumah atau di sekolah, tapi kekerasan bisa juga terjadi di mana saja.

Anak-anak menaiki kereta api wisata kayu di Museum Ambarawa pada peringatan Hari Anak Nasional 2022.(Foto: KAI)

"Sering kali terdapat orang tua yang memarahi anaknya sampai melakukan kekerasan di depan umum. Mungkin orang tua itu menganggap sebagai sesuatu yang wajar karena memarahinya anak saat berbuat salah," terang guru di SMP the Indonesia Natural School.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pria Ini Dibekuk Terkait Ledakan di Asrama Polisi

Senin, 26 September 2022 | 14:00 WIB

Hakim Mahkamah Agung Terciduk OTT Tim KPK, Ini Kasusnya

Kamis, 22 September 2022 | 17:10 WIB
X