Pemulangan Jemaah Haji Indonesia Dimulai 15 Juli 2022, Pemerintah Ingatkan Barang Bawaan

- Rabu, 13 Juli 2022 | 10:00 WIB
Sejumlah jamaah haji asal Depok (Foto: Istimewa)
Sejumlah jamaah haji asal Depok (Foto: Istimewa)

DepokToday.com - Setelah menyelesaikan fase menginap di Mina, seluruh jemaah haji Indonesia sudah kembali ke hotel di Mekah, Arab Saudi, Selasa 12 Juli 2022.

Tahapan selanjutnya adalah fase pemulangan jemaah haji dari Mekah ke Tanah Air yang dijadwalkan dimulai pada Jumat, 15 Juli 2022.

Plh Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi, Wawan Djunaedi, mengatakan, jemaah haji yang diberangkatkan pada gelombang pertama, secara bertahap akan kembali ke Tanah Air melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Baca Juga: Menag Bahas Awal Persiapan Haji 1444 Hijriah dengan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi

Terkait pemulangan jemaah haji ke Tanah Air, Wawan menegaskan bahwa pemerintah mengingatkan jemaaah haji untuk memperhatikan ketentuan-ketentuan barang yang akan dan bisa dibawa.

"Jemaah haji reguler berhak membawa tas bagasi tercatat yang dapat diisi maksimal 32 kg, kecuali jemaah haji dari embarkasi Surabaya yang tas bagasinya hanya dapat diisi maksimal 28kg. Selain itu, jemaah juga membawa tas tenteng yang dapat diisi maksimal 7 kg dan tas paspor," ujar Wawan saat memberikan keterangan pers di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta.

Baca Juga: 7 Jamaah Haji Asal Jawa Barat Wafat di Mekah, Ini Identitasnya

Ditegaskan Wawan, pihak penerbangan hanya akan mengangkut tas bagasi tercatat, tas tenteng, dan tak paspor sesuai standar yang telah diberikan dan berlogo perusahaan penerbangan pengangkut. 

"Pemerintah mengimbau kepada jemaah agar mematuhi ketentuan barang bawaan dan segera bersiap-siap untuk dilakukan penimbangan barang bawaan. Mari bahu membahu bersama dengan Pemerintah dalam memberikan pembinaan, pelayanan, dan pelindungan terbaik kepada Jemaah Haji," tandas Wawan.(***)

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X