Wakil Presiden Maruf Amin Gantikan Posisi Jokowi Sampai 2 Juli 2022, Begini Aturannya

- Selasa, 28 Juni 2022 | 13:00 WIB
Wapres RI. Maruf Amin (Foto: Istimewa)
Wapres RI. Maruf Amin (Foto: Istimewa)

DepokToday.comPresiden Jokowi saat ini sedang melakukan tugas kenegaraan ke luar negeri. Terkait hal itu, untuk sementara waktu pemerintahan Indonesia akan dipimpin oleh Wakil Presiden KH Maruf Amin.

Adapun keputusan tersebut berlaku sampai dengan 2 Juli 2022. Hal ini sesuai dengan Keputusan Presiden atau Keppres RI Nomor 9 Tahun 2022 tentang Penugasan Wakil Presiden Melaksanakan Tugas Presiden.

“Menetapkan: kesatu, menugaskan Wakil Presiden untuk melaksanakan tugas sehari-hari Presiden sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan selama Presiden melaksanakan kunjungan kerja dan/atau kenegaraan ke Jerman, Polandia, Ukraina, Rusia, dan Persatuan Emirat Arab pada tanggal 26 Juni sampai dengan 2 Juli 2022, atau sampai dengan tanggal tiba kembali di Tanah Air,” sebut keterangan tulis Keppres tersebut yang diakses dari situs resmi Sekretariat Negara dikutip DepokToday.com pada Selasa, 28 Juni 2022.

Baca Juga: Kisah Sopir Taksi Jadi Korban Modus Tante Kesepian, Pura-pura Ganti Lampu

Keputusan itu diterbitkan untuk menjaga lancarnya pelaksanaan pemerintahan.

Namun demikian, Wapres KH Maruf Amin tetap wajib berkoordinasi dengan Presiden Jokowi terkait kebijakan pemerintah.

Baca Juga: Pria Ini Cuek Cukur Jenggot Meski Toiletnya Kejatuhan Roket Rusia

Wakil Presiden RI, Maruf Amin (Foto: Istimewa)

“Kedua, bila dalam jangka waktu penugasan tersebut, perlu segera ditetapkan suatu kebijakan baru, Wakil Presiden sebagai pelaksana tugas Presiden wajib terlebih dahulu berkonsultasi dan meminta persetujuan kepada Presiden,” sambung aturan Keppres tersebut.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kini Giliran Irjen Fadil Imran yang Dibidik

Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:00 WIB
X