Pengoperasian Kembali KA Sawahlunto-Muaro Kalaban Libatkan Empat Perusahaan BUMN

- Sabtu, 25 Juni 2022 | 11:55 WIB
Stasiun Sawahlunto.(Foto: Andyyahya.com)
Stasiun Sawahlunto.(Foto: Andyyahya.com)

DepokToday.com - Pengoperasian kembali kereta api lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban, Sumatera Barat, melibatkan empat perusahaan milik BUMN.

Empat perusahaan BUMN itu yakni, PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Bio Farma (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), dan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG).

Kolaborasi empat perusahaan pelat merah ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) Sponsorship di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis 23 Juni 2022.

Melalui PKS ini, keempat BUMN akan mewujudkan pengoperasian kembali jalur kereta api lintas Sawahlunto-Muaro Kalaban di Sumatera Barat yang sudah lama tidak beroperasi.

Baca Juga: Perlintasan Rel Kampung Rawageni Dibuka Lagi, PT KAI: Itu Tindakan Ilegal

Jalur sepanjang 4 km tersebut nantinya akan melayani Kereta Wisata yang akan ditarik oleh Lokomotif Uap E1060 atau lebih dikenal dengan sebutan Mak Itam.

Pengoperasian kembali jalur dan kereta api wisata tersebut merupakan dorongan dari Kementerian BUMN sebagai salah satu upaya untuk mendukung percepatan pemulihan perekonomian Sumatera Barat di sektor pariwisata.

Pengoperasian jalur ini juga merupakan program dari Pemerintah Kota Sawahlunto guna mendukung Situs Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto, yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia Baru UNESCO sejak 6 Juli 2019. 

Sekretaris Kementerian BUMN Susyanto mengatakan, BUMN memiliki 2 peran yaitu Creating Value dan Agent of Development. Kerja sama keempat BUMN tersebut adalah perwujudan dari peran Agent of Development.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: BUMN

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kini Giliran Irjen Fadil Imran yang Dibidik

Minggu, 14 Agustus 2022 | 21:00 WIB

SOP Naik ke Bangunan Candi Borobudur Sedang Disusun

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 08:00 WIB
X