Menhub Beberkan Hasil Kunker di Jepang, Ini Rinciannya

- Kamis, 23 Juni 2022 | 14:30 WIB
Menhub Budi Karya Sumadi. (ayocirebon)
Menhub Budi Karya Sumadi. (ayocirebon)

DepokToday.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, membeberkan hasil kunjungan kerja (kunker) di Jepang selama dua hari (21-22 Juni 2022).

Menhub mengungkapkan, kunkernya di Jepang membahas perkembangan proyek infrastruktur transportasi strategis nasional yang digarap bersama Jepang.

Menhub merincikan, sejumlah proyek strategis yang menjadi materi pembicaraan yaitu : MRT (North-South Fase 2 dan East-West), Pelabuhan Patimban Fase 1-2 (Paket 5 dan 6), Proving Ground, dan Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya.

Terkait kelanjutan proyek pembangunan MRT, pemerintah mendorong percepatan penyelesaian negosiasi kontrak, dan pernyataan komitmen pendanaan, serta mendorong percepatan studi kajian proyek MRT Jakarta East-West.

Baca Juga: Tiba di Jepang, Menhub akan Bahas Proyek Transportasi di Indonesia

Selain itu, pemerintah Indonesia juga mengundang investor Jepang untuk berpartisipasi dalam pembangunan dan pengembangan Transit Oriented Development (TOD) di kawasan stasiun MRT.

“Untuk kelanjutan proyek MRT, alhamdulillah dalam dalam waktu dekat akan ditandatangani satu kepastian pendanaan dari Jepang. Ini suatu hal yang menggembirakan, agar pembangunan MRT bisa terus dilanjutkan,” ujar Menhub dalam konferensi pers di Kedubes RI di Jepang sebagaimana dikutip laman resmi Kemenhub, Rabu 22 Juni 2022.

Kemudian, terkait Pelabuhan Patimban, pemerintah mendorong percepatan negosiasi penawaran proyek Pengembangan Pelabuhan Patimban Fase 1-2 (paket 5 dan 6), yang ditargetkan dilakukan penandatangannya pada tahun ini.

Selanjutnya, terkait Proving Ground atau tempat pengujian kendaraan bermotor, pemerintah mendorong pemerintah Jepang untuk memberikan dukungan kepada konsorsium Indonesia-Jepang untuk mendapatkan pembiayaan dengan biaya yang kompetitif.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: dephub.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X