Ditjen Polpum dan TMII akan Hadirkan Pagelaran Seni Budaya Bertajuk 'Festival Harmoni Indonesia'

- Kamis, 23 Juni 2022 | 13:30 WIB
Taman Mini Indonesia Indah atau TMII. (Foto: Istimewa)
Taman Mini Indonesia Indah atau TMII. (Foto: Istimewa)

DepokToday.com - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) berkolaborasi dengan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) akan menyelenggarakan Festival Harmoni Indonesia.  

Festival yang menghadirkan berbagai pagelaran seni dan budaya dari 34 provinsi di Indonesia ini, bakal dihelat pada 28-29 Oktober 2022 atau bertepatan dengan peringatan hari Sumpah Pemuda, dan bertempat di TMII, Jakarta Timur.

Adapun ragam seni dan budaya yang dihadirkan mulai dari musik, tari atau seni pertunjukan, kuliner, hingga film.

Direktur Ketahanan Ekonomi, Sosial, dan Budaya Ditjen Polpum Kemendagri, La Ode Ahmad mengatakan, gagasan festival berangkat dari refleksi kebhinnekaan serta kekayaan dan keragaman seni-budaya bangsa yang dimiliki Indonesia.

Baca Juga: Danau Archipelago TMII Dipercantik PT Brantas Abipraya

Kata ‘harmoni’, merujuk pada tujuan yang hendak dicapai dari penyelenggaraan festival.

“Ini adalah sebuah upaya kecil karena kita mungkin tidak bisa melakukan hal-hal yang besar, tapi kita bisa melakukan hal-hal kecil dengan cara yang besar. Artinya, dengan festival ini akan mewujudkan dari harmoni Indonesia menuju harmoni dunia yang kita dambakan,” kata La Ode seperti dilansir laman resmi BUMN, Rabu 22 Juni 2022.

Menurut La Ode, keragaman seni-budaya yang dimiliki Indonesia harus dijaga, terutama agar generasi baru seperti milenial dan Z tidak melupakan warisan tersebut.

Oleh karena itu, nantinya festival juga akan menghadirkan kolaborasi, tidak hanya dalam konteks seni tradisional melainkan juga seni populer. Sejumlah pelaku seni populer juga akan terlibat dalam festival.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: bumn.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X