BEM UI Kirim Somasi di Hari Ulang Tahun Jokowi: Kami Siap Bertumpah Ruah ke Jalan

- Selasa, 21 Juni 2022 | 12:30 WIB
BEM UI kritisi kinerja Presiden Jokowi. (Foto: Istimewa)
BEM UI kritisi kinerja Presiden Jokowi. (Foto: Istimewa)

DepokToday.com – Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia atau BEM UI, melayangkan somasi terkait Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP) yang membahas sejumlah aturan. Tuntutan ini mereka suarakan sebagai hadiah ulang tahun Presiden Jokowi, pada Selasa, 21 Juni 2022.

Ya, pemilik nama lengkap Joko Widodo itu hari ini telah berusia 61 tahun. Ia lahir di Surakarta, pada 21 Juni 1961. Nah terkait hal itu, BEM UI punya cara berbeda untuk merayakan momen sakral orang nomor satu di Indonesia ini.

Mereka menyebutnya sebagai hadiah ulang tahun Presiden Jokowi: Somasi RKUHP.

Melalui siaran resminya, BEM UI mengungkapkan, bahwa RKUHP 2019 yang sempat ditunda pengesahannya, kini telah dimulai kembali pembahasannya melalui rapat Komisi III DPR RI dengan Pemerintah pada tanggal 25 Mei 2022.

Namun, sampai saat ini draf terbaru RKUHP belum dibuka ke publik. Pada rapat tersebut, dibahas 14 isu krusial dalam RKUHP tanpa membuka keseluruhan draf.

“Oleh karenanya, mengenai adanya perubahan pada isu-isu bermasalah lainnya sampai saat ini belum dapat diketahui masyarakat secara pasti,” tulis keterangan resmi BEM UI yang diterima awak media.

Baca Juga: Nggak Takut! Tiara Marleen Ngaku Ortunya Punya Hubungan Dekat dengan Ridwan Kamil: Ya Kan Sodara

Kemudian, merujuk pada draf terakhir pada September 2019, terdapat 24 isu krusial yang menjadi catatan kritis RKUHP yang dianggap bermasalah.

Pada rapat Komisi III DPR RI dengan Pemerintah pada tanggal 25 Mei 2022, Pemerintah dan DPR hanya menyinggung 14 isu krusial yang sebagian besar juga masih menimbulkan polemik.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X