KPU RI Luncurkan Tahapan Pemilu Tahun 2024

- Rabu, 15 Juni 2022 | 20:54 WIB
Prosesi launching yang berlangsung meriah menandai masuknya proses Pemilu tahun 2024.(Foto: kpu.go.id)
Prosesi launching yang berlangsung meriah menandai masuknya proses Pemilu tahun 2024.(Foto: kpu.go.id)

DepokToday.com - KPU RI meluncurkan tahapan Pemilu tahun 2024 secara hybrid di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa 14 Juni 2022.

Peluncuran tahapan pemilu ini secara simbolis ditandai dengan menekan sirene oleh seluruh anggota KPU RI, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani, Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri), Tito Karnavian, Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono, Ketua DKPP, Muhammad, dan sosok penting lainnya.

Dari penekanan tombol kemudian muncul layar yang menunjukkan angka 610, jumlah hari menuju pemungutan suara terhitung sejak kemarin.

Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari, mengungkapkan,  pemilu adalah arena konflik yang dilegalkan oleh undang-undang. Maka dari itu, ia juga menitipkan pesan kepada seluruh jajaran KPU untuk tidak masuk kepada konflik tersebut.

Baca Juga: Ada Enam Arahan Presiden kepada KPU Terkait Pemilu 2024, Laksanakan Sesuai Jadwal dan Tepat Waktu

"Meskipun pemilu arena kompetisi, arena konflik sah dan legal namun sebagai wujud dari kemajemukan dan Bhinneka Tunggal Ika maka sudah sepatutnya proses demokrasi lima tahunan ini menjadi sarana integrasi bangsa," katanya.

Dalam kesempatan ini juga, Hasyim Asy'ari juga memohon dukungan kepada pemerintah, DPR, partai politik, segenap pimpinan bangsa Indonesia serta seluruh rakyat Indonesia agar pelaksanaan pemilu nantinya dapat berjalan dengan baik.

Senada, Ketua DPR RI, Puan Maharani, mengimbau seluruh elemen bangsa untuk mengembalikan hakikat pemilu yang berorientasi pada persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pemilu adalah arena kompetisi bukan pertempuran anak bangsa,” jelas Puan.

Surat suara Pemilu 2019 (wowkeren)

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: kpu.go.id, garutkab.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X