400 Kantor KUA Direvitalisasi Kemenag, Ini Empat Kriterianya

- Rabu, 15 Juni 2022 | 07:00 WIB
Kantor KUA Cilodong, Kota Depok.(Foto: YouTube/PeCi Channel)
Kantor KUA Cilodong, Kota Depok.(Foto: YouTube/PeCi Channel)

DepokToday.com - Setelah tahun lalu Kementerian Agama (Kemenag) merevitalisasi 106 kantor KUA, tahun ini Kemenag menargetkan 10 kali lipat menjadi 1.000 lembaga.

Sebagai awalan, Kemenag sedang menyelesaikan revitalisasi 400 KUA pada semester pertama tahun 2022. 

Direktur Bina KUA dan Keluarga Sakinah Ditjen Bimas Islam Kemenag, M. Adib, menjelaskan, revitalisasi KUA didasarkan pada empat kriteria.

Tidak hanya sarana dan prasarana, kemampuan memberikan layanan kepada masyarakat juga dijadikan sebagai parameter.

Baca Juga: Pernikahan Kakek Berusia 93 Tahun, Kepala KUA Wilayah Ini Sempat Tidak Percaya

"Pertama, KUA yang direvitalisasi berdasarkan kelengkapan fungsi gedung. Kita fokus pada fungsinya, bukan bentuk dan mewahnya gedung," ungkap pria yang akrab disapa Gus Adibsaat menyampaikan paparan dalam Evaluasi Revitalisasi KUA, di Jakarta, Senin 13 Juni 2022.

Gus Adib menjelaskan, gedung yang representatif merupakan sarana optimalnya layanan. "Syarat kedua berdasarkan jumlah pernikahan yang berkorelasi dengan jumlah penduduk," tambahnya.

Jumlah penduduk, tambah Gus Adib, menunjukkan tingkat dinamika di suatu tempat. Hal ini menjadi penting sebab KUA Revitalisasi fokus pada layanan masyarakat.

"Ketiga, lokasinya di Ibu kota Kabupaten/Kota. Masyarakat perkotaan atau urban memiliki tingkat persoalan yang lebih kompleks dibanding masyarakat pedesaan," tegasnya.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: kemenag.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X