BPSDM Kemendagri: Ormas Lahir karena Punya Tujuan dan Fungsi yang Besar

- Rabu, 8 Juni 2022 | 19:04 WIB
Ilustrasi ormas.(Foto: Istimewa via iNews Jabar)
Ilustrasi ormas.(Foto: Istimewa via iNews Jabar)

DepokToday.com - Salah satu tujuan pendirian organisasi kemasyarakatan (ormas) adalah menjaga, memelihara, dan memperkuat persatuan kesatuan masyarakat. 

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Sugeng Haryono, mengatakan hal tersebut pada Seminar Nasional bertajuk “Peran Organisasi Kemasyarakatan dalam Menjaga Demokrasi Jelang Pemilu dan Pemilukada 2024 dan Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” di Hotel Ashley, Senin 6 Juni 2022.

Sugeng Hariyono yang mewakili Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Muhammad Tito Karnavian, dalam seminar itu menjelaskan, ormas merupakan ruang berhimpun bagi masyarakat dan menjadi jati diri untuk menyampaikan aspirasi dalam membangun negara.

Selain itu, kata dia, keberadaannya juga telah dilindungi oleh Undang-Undang Dasar (UUD).

Ormas merupakan organisasi kemasyarakatan yang didirikan secara sukarela oleh masyarakat itu sendiri dengan tujuan yang sama," kata Sugeng.

"Ormas lahir karena mempunyai tujuan dan fungsi yang besar, yaitu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta selalu mengedepankan hak dan kewajiban yang ada pada masyarakat dengan menjunjung tinggi toleransi yang ada,” tambahnya.

Baca Juga: Ketua IDI yang Baru Ternyata Pengurus Ormas, Jejaknya Dikuliti Usai Pecat Dokter Terawan

Sugeng Haryono.(Foto: kemenag.go.id)

Karenanya, Sugeng mengingatkan, tujuan tersebut menjadi legal standing dari keberadaan ormas.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: kemendagri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

SOP Naik ke Bangunan Candi Borobudur Sedang Disusun

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 08:00 WIB
X