Menhub Tinjau Proyek KA Makassar - Parepare, Bulan Oktober Keretanya akan Mulai Beroperasi di Jalur Ini

- Sabtu, 28 Mei 2022 | 15:43 WIB
Menhub, Budi Karya Sumadi (depan microphone), ketika meninjau proyek pembangunan jalur KA Makassar - Parepare.(Foto: dephub.go.id)
Menhub, Budi Karya Sumadi (depan microphone), ketika meninjau proyek pembangunan jalur KA Makassar - Parepare.(Foto: dephub.go.id)

DepokToday.com - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, mengecek progres proyek KA Makassar – Parepare yang merupakan salah satu dari Proyek Strategis Nasional (PSN).

Dalam kunjungannya, Menhub meninjau Stasiun Tenate Rilau dan menggunakan kereta inspeksi Kementerian Perhubungan menuju Stasiun Pelabuhan Garongkong, Kabupaten Barru.

Turut hadir dalam tinjauan, Dirjen Perkeretaapian Zulfikri, Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo, Bupati Kabupaten Barru, Suardi Saleh, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

Menhub mengatakan, dari tiga target utama penyelesaian proyek KA Makassar-Parepare, target pertama yang akan diselesaikan yaitu jalur KA Maros – Barru sepanjang kurang lebih 71 Km.

Jalur yang dilaluidelapan stasiun tersebut ditargetkan dapat bisa beroperasi melayani angkutan KA penumpang perintis pada Oktober 2022, dengan tujuan Stasiun Maros ke Stasiun Barru (PP).

“Setelah dua tahun pandemi, ternyata perkembangan dari pembangunan proyek ini sangat signifikan. Direncanakan bulan Oktober keretanya akan mulai beroperasi,” ujar Menhub di Pelabuhan Garongkong, Sabtu 28 Mei 2022.

Selain sebagai angkutan penumpang perintis, kereta ini juga akan difungsikan sebagai kereta wisata menuju sejumlah objek wisata di Sulawesi Selatan yang potensial seperti di daerah Kabupaten Barru dan desa wisata Rammang-Rammang.

“Saya mendorong Pemda bersama stakeholder pariwisata mengembangkan wisata disini, mulai dari kulinernya, juga pemandangan gunung, sawah, dan laut yang indah,” ucap Menhub.

Baca Juga: Ini Tantangan PT Hutama Karya dalam Membangun Jalur KA Medan - Binjai

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: dephub.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X