Dirjen Dukcapil Usulkan Capres, Caleg, dan Calkada Isi Formulir Tak Pernah Punya Paspor Asing

- Selasa, 24 Mei 2022 | 21:12 WIB
Ilustrasi Calon Presiden jelang Pilpres. Foto: Istimewa via Wartakotalive
Ilustrasi Calon Presiden jelang Pilpres. Foto: Istimewa via Wartakotalive

DepokToday.com - Calon presiden (capres), calon anggota legislatif (caleg), dan calon kepala daerah (calkada), yang akan tampil di Pemilu 2024 diusulkan mengisi formulir tak memiliki paspor asing.

Karenanya, KPU agar membuat formulir setiap orang yang mencalonkan sebagai peserta Pemilu--baik Pilkada, Pileg, dan Pilpres--perlu menyatakan tidak pernah memiliki paspor negara lain.

"Jadi ada satu formulir yang dipersiapkan oleh KPU,  sehingga calon atau pasangan itu mau men-declare hal tersebut," tegas Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakrulloh, saat berbicara dalam kegiatan Simposium Nasional Hukum Tata Negara di The Westin, Nusa Dua, Bali, Rabu beberapa waktu lalu.

Dirinya menilai, selama ini dalam hal kewarganegaraan Indonesia menganut Stelselnya Pasif.

Kalau tidak ditanya, kata dia, para pasangan capres, calkada, dan caleg, tidak pernah mendeklarasikan mereka pernah punya paspor negara lain atau tidak.

Zudan berpandangan bahwa saat ini WNI yang mempunyai Paspor negara lain tidak otomatis dinyatakan kehilangan kewarganegaraan, karena masih memerlukan tindakan atau keputusan pemerintahan yang memastikan kapan kewarganegaraannya hilang.

"Hal ini perlu dokumen berupa keputusan dari pemerintah untuk kepastian hukum," katanya. 

Zudan menyatakan, dalam administrasi pemerintahan, apa yang dikatakan batal demi hukum itu tidak ada yang terjadi secara otomatis.

Hal itu merujuk saat dirinya menangani kasus Djoko Tjandra (DT) dan Bupati Sabu Raijua, Orient Riwu Kore (ORK) yang memiliki kewarganegaraan ganda dengan memiliki dua paspor.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: kemendagri.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X