Siapkan Fasilitas Listrik untuk IKN, PT. PLN (Persero) Akan Mulai Bangun Dua GI Mobile di Gersik

- Minggu, 15 Mei 2022 | 17:51 WIB
Ilustrasi PT. PLN (Persero) bangun GI mobile untuk kawasan IKN (Dok. PT. PLN (Persero))
Ilustrasi PT. PLN (Persero) bangun GI mobile untuk kawasan IKN (Dok. PT. PLN (Persero))

DepokToday.comPT. PLN (Persero) tengah mempersiapkan infrastruktur listrik di kawasan Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, tepatnya disekitar wilayah pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN).

General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran (UIKL) Kalimantan Daniel Eliawardhana mengatakan, sebagai awal yakni tahap prakonstruksi, pihaknya akan membangun dua gardu induk (GI) mobile di Gersik yang terletak di sekitar titik nol.

“Dua buah GI mobile tersebut nantinya akan terhubung di jalur Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) Kariangau – Petung,” kata Daniel melalui keterangan resminya, Minggu 15 Mei 2022.

Baca Juga: Usut Mafia Tanah, Kejati Geledah Rumah Terduga Pelaku di Depok, Ini Hasilnya

Daniel menyebutkan, alih-alih membangun GI permanen di kawasan Kalimantan yang bakal memakan waktu lebih lama, GI mobile menjadi solusi sementara sampai IKN dapat terealisasi secara seutuhnya.

“Pembangunan gardu induk mobile membutuhkan lahan yang lebih kecil dan waktu pembangunan yang lebih singkat dibanding gardu induk permanen,” ungkapnya.

Daniel mengatakan, rencananya GI mobile yang akan dibangun di Gresik memiliki kapasitas masing-masing 30 Mega Volt Ampere (MVA) dan akan ditransfer atau direlokasi menggunakan peralatan trafo mobile dari Pulau Jawa menuju Pulau Kalimantan lokasi dibangunnya IKN.

Baca Juga: Menguak Sosok Haji Japat, Ulama Kharismatik yang Punya Ribuan Keturunan di Depok

“Untuk jangka pendek, dua buah GI yang akan kami bangun di sekitar wilayah Gersik menggunakan peralatan trafo mobile yang kami relokasi dari Pulau Jawa,” kata Daniel.

Daniel menambahkan, dua GI mobile yang dibangun di wilayah Gresik itu ditargetkan rampung pada bulan Agustus dan Desember 2022.

Halaman:

Editor: Zahrul Darmawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X