Kendaraan Pribadi Mendominasi, Angka Kecelakaan Menurun Selama Arus Mudik Lebaran 2022

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 18:50 WIB
Ilustrasi mudik (freepik.com)
Ilustrasi mudik (freepik.com)

DepokToday.com - Kendaraan pribadi mendominasi pergerakan mudik lebaran 2022, kemudian angka kecelakaan mengalami penurunan yang signifikan.

Itulah rekapitulasi data penyelenggaraan selama arus mudik dan balik lebaran 2022 yang disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi.

"Riset kami bahwa kendaraan pribadi mendominasi sekitar 47 persen dari total pergerakan memang terbukti dan pergerakannya ada di waktu-waktu tertentu. Jadi ini harus dikelola dengan baik,” ujar Menhub.

Meskipun penggunaan kendaraan pribadi meningkat, Menhub menjelaskan, terjadi penurunan angka kecelakaan lalu lintas sebesar 45%, berdasarkan data dari Polri.

“Penurunan kecelakaan lalin diikuti juga dengan penurunan pemudik pengguna sepeda motor. Saya menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor, karena sangat beresiko,” kata Menhub saat menutup kegiatan Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2022 di Kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa 10 Mei 2022.

Tercatat, jumlah kendaraan yang melintas di jalan tol yang keluar Jabodetabek pada Lebaran 2022 mengalami peningkatan sebanyak 1.7% dibandingkan dengan Lebaran 2019. Sedangkan, jumlah yang masuk Jabodetabek mengalami peningkatan sebanyak 11.8% dibandingkan dengan Lebaran 2019.

Baca Juga: Tinjau Arus Mudik Lebaran di Stasiun Pasar Senen, Menhub Minta Penumpang Perhatikan Jadwal Keberangkatan KA

Baca Juga: Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2022 Resmi Dibuka Menhub

Sementara itu, untuk pengguna angkutan umum, Menhub menyampaikan jumlahnya relatif sama dengan tahun sebelum pandemi. Bahkan terjadi lonjakan di hari-hari tertentu, yang belum pernah terjadi sebelumnya selama pandemi.

Halaman:

Editor: Tidar Aira

Sumber: dephub.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X